pabrik meledak cinaKunshan, LiputanIslam.com — Setidaknya 68 orang tewas akibat ledakan di sebuah pabrik di kota Kunshan, Provinsi Jiangsu, Sabtu (2/8). Selain itu hampir 200 orang juga mengalami luka-luka akibat musibah itu. Demikian keterangan kantor berita Cina.

Sebagaimana dilaporkan BBC dengan mengutip kantor berita Xinhua, aparat keamanan telah menahan 5 pegawai pabrik yang dianggap bertanggungjawab atas musibah itu.

Pabrik yang meledak adalah milik Kunshan Zhongrong Metal Products. Pabrik itu membuat sparepart kendaraan dengan jumlah pekerja sebanyak 450 orang. Klien perusahaan termasuk perusahaan mobil asal AS, General Motors.

Xinhua melaporkan bahwa terdapat 264 pekerja di dalam pabrik saat terjadi ledakan. Media yang sama juga melaporkan 44 pekerja tewas di tempat, dan jumlah pekerja yang terluka mencapai 187 orang.

Para saksi menyebutkan ledakan terdengar hingga sejauh beberapa kilometer dari lokasi pabrik. Sementara pecahan-pecahan kaca beterbangan hingga 500 meter dari pabrik.

Laporan awal menyebutkan ledakan terjadi ketika api terpercik di dalam satu ruangan yang penuh debu.

Kunshan berjarak satu jam perjalanan dari kota industri terbesar Cina, Shanghai, dimana sebagian besar korban luka-luka dilarikan. Sebagian lainnya dilarikan ke kota Suzhou.

Seorang dokter yang merawat para korban mengatakan di jejaring sosial populer Cina, Weibo: “Selama bekerja selama 20 tahun, saya tidak pernah melihat begitu banyak pasien dengan luka bakar lebih dari 80% di tubuh mereka.”

BBC melaporkan, kecekalaan industri relatif sering terjadi di Cina, meski pemerintah telah menerapkan standar keselamatan yang tinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Bulan Juni tahun lalu sebanyak 119 orang tewas akibat kebakaran di pabrik makanan ternak di Provinsi Jilin.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL