kashmir al qudsSrinagar, LiputanIslam.com — Wilayah Kashmir yang dikuasai India, Jammu-Kashmir, hari Jumat (25/7) digemuruhkan oleh seruan-seruan “Matilah Israel dan Amerika!” dan “Dari sungai ke lautan, Palestina akan merdeka!”.

Saat itu puluhan ribu warga Kashmir yang mayoritas adalah kaum muslim, menyambut seruan Ayatollah Khomeini tahun 1979 silam untuk mendedikasikan hari Jumat terakhir di bulan Ramadhan sebagai hari pembebasan Al Quds (Yerussalem).

Sebagaimana laporan Press TV, selain mengecam Israel dan AS, para demonstran juga membakar bendera kedua negara tersebut sebagai bentuk protes atas aksi penindasan Israel yang didukung AS terhadap rakyat Palestina.

Aksi demonstrasi puluhan ribu warga itu juga diwarnai bentrokan dengan aparat keamanan di kota terbesar Srinagar setelah ibadah sholat Jumat. Polisi menggunakan gas air mata untuk membubarkan kerumunan demonstran.

Selain bentuk solidaritas atas penderitaan rakyat Palestina, hari Al Quds juga menjadi peringatan atas “penindasan” India atas rakyat negara bagian yang meyoritas muslim tersebut.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL