anti pangkalan militer asTokyo, LiputanIslam.com — Puluhan ribu warga Jepang di Okinawa dan sejumlah tempat lainnya melakukan aksi-aksi  demonstrasi menolak keberadaan pangkalan-pangkalan militer AS di Okinawa.

Aksi protes itu mulai berlangsung pada hari Jumat (15/5), ketika sekitar 1.200 warga Pulau Okinawa memperingati 43 tahun kembalinya wilayah itu ke dalam wilayah kedaulatan Jepang. Aksi berlanjut hingga hari Minggu (18/5) ketika ribuan warga berkumpul.

“Bahkan setelah kembalinya kedaulatan, masalah terkait dengan pangkalan-pangkalan militer itu tidak berubah,” kata Gubernur Okinawa Takeshi Onaga dalam aksi tersebut. Ia menyebut, pengembalian kedaulatan tidak mengembalikan apa yang diinginkan warga Okinawa.

“Kita telah lama menderita karena pangkalan-pangkalan militer ini, dan saya marah oleh kengototan pemerintah AS dan Jepang untuk tetap membangun pangkalan militer baru di Henoko,” kata warga Okinawa Fujiko Matsuda kepada Japan Times seperti dilansir Russia Today, Senin (18/5).

“Adalah keliru untuk tetap membangun pangkalan militer di Henoko tanpa mendengarkan pendapat warga Okinawa,” kata warga Okinawa, Atsuko Ikeda.

“Jika kita tidak mencegah, tidak ada lagi masa depan Jepang sebagai negara demokrasi,” tambahnya.

Pada hari Sabtu, demonstran berbaris menuju pangkalan udara AS di kota Ginowan, Okinawa. Ribuan warga Jepang di berbagai kota seperti Hokkaido dan Nagasaki, juga terlibat aksi menentang pangkalan militer AS.

“Kembalikan Okinawa tanpa pangkalan militer AS,” teriak para demonstran.

Di kota Henoko, Okinawa, ratusan demonstran bentrok dengan polisi di luar lokasi pangkalan militer AS yang tengah dibangun. Sejumlah demonstran ditangkap dalam aksi itu.

Pada hari Minggu, sekitar 35.000 warga turun ke jalanan di Provinsi Okinawa menyerukan penolakannya terhadap pangkalan militer AS.

“Tidak peduli berapa lama hal ini akan berlangsung, kami tidak akan menyerah untuk memperjuangkan masalah ini, hingga pemerintah (Jepang) menyerah,” kata Keiichi Takara, ketua organisasi buruh di Okinawa.

“Dengan aksi demonstrasi ini kami memperteguh komitmen kami,” tambahnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL