praying-in-the-gangesNew Delhi, LiputanIslam.com — Puluhan mayat ditemukan di Sungai Gangga di negara bagian Uttar Pradesh, memaksa otoritas untuk melakukan penyelidikan.

Laporan-laporan awal menyebutkan bahwa mayat-mayat itu berasal dari anggota-anggota keluarga yang tidak memiliki cukup biaya untuk melakukan upacara kremasi.

Sungai Gangga dianggap sebagai sungai yang paling suci oleh penganut Hindu di India. Dengan membuang mayat ke sungai ini diharap didapatkan keberkahan. Namun sungai sepanjang 2.500 km itu kini telah dipenuhi dengan polusi yang berasal dari industri, pertanian maupun rumah tangga.

Perdana Menteri Narendra Modi dalam masa kampanye tahun lalu telah menjanjikan akan melakukan pembersihan terhadap sungai ini.

Sebagaimana dilansir BBC News, pemerintah Distrik Unnao di negara bagian Uttar Pradesh terkejut dengan penemuan ini pada hari Selasa (13/1).

Pejabat setempat, Saumya Agarwal mengatakan kepada CNN-IBN bahwa “sekitar 35 sampai 50 mayat telah ditemukan” dan upaya penguburan telah dilakukan terhadap mereka.

“Saya rasa kremasi tidak mungkin dilakukan karena kondisi mayat yang sangat buruk,” katanya.

Sejauh ini berbagai upaya pembersihan sungai telah dilakukan pemerintah, namun gagal, para pecinta lingkungan menyebutkan. Diperkirakan sekitar 400 juta orang tergantung hidupnya dari sungai ini, BBC News menyebutkan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*