JR_Central_Shinkansen_700Karawang, LiputanIslam.com — Proyek pembangunan kereta api supercepat Shinkansen, atau lebih populer disebut sebagai “kereta peluru” jurusan Jakarta-Bandung, akan dimulai tahun 2016. Kereta api ini akan berhenti di Kerawang dan hanya membutuhkan waktu 37 menit untuk mencapai Bandung dari Jakarta.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Karawang Setya Dharma, sebagaimana dikutip kantor berita Antara, Minggu (29/6).

“Sesuai dengan perencanaan, proyek kereta api supercepat ini akan mulai dikerjakan pada 2016, sedangkan operasionalnya ditargetkan pada 2019 atau 2020,” kata Setya Dharma.

Menurut Setya, pihaknya telah beberapa kali mengikuti rapat bersama Kementerian Perhubungan terkait dengtan rencana proyek kereta super cepat tersebut.

Disebutkannya, Shinkansen jurusan Jakarta-Bandung akan beroperasi dengan kecepatan hingga 300 kilometer per jam, sehingga jarak Jakarta-Bandung  dapat ditempuh dalam waktu 37 menit.

“Kereta super cepat itu akan transit di Stasiun Karawang,” katanya.

Menurut penilaiannya, proyek tersebut sangat menguntungkan, karena masyarakat Karawang yang bekerja di Bandung atau Jakarta bisa terlayani oleh kereta super cepat itu.

“Selain itu, juga bisa mengurangi kemacetan lalu lintas yang sering terjadi di sejumlah titik perkotaan Karawang,” demikian ujarnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL