mark-zuckerberg.siMenlo Park-California, LiputanIslam.com — Facebook mengumumkan rencana ambisius untuk menggunakan teknologi drone, satelit dan laser demi memperkuat jaringannya ke seluruh penjuru dunia.

CEO Facebook Inc Mark Zuckerberg mengatakan hari Kamis (27/3) bahwa rencana ambisius yang diberi kode “Internet.org” akan dijalankan oleh para ahli di bidang komunikasi, pembuatan  hingga pakar penerbangan luar angkasa dari NASA.

“Tujuan kami dengan Internet.org adalah menyediakan akses luas bagi layanan internet dasar bagi seluruh penduduk di dunia,” kata Zuckerberg dalam pernyataanya.

“Kami telah melakukan perkembangan bagus sejauh ini. Selama tahun lalu, proyek kami di Philippina dan Paraguai saja berhasil meningkatkan angka pengguna internet hingga 2 kali lipat, menambahkan 3 juta pengguna baru internet,” tambahnya.

Zuckerberg menambahkan bahwa Facebook telah “membayar” beberapa anggota penting perusahaan pembuat drone Inggris, Ascenta, yang berhasil membuat drone (pesawat tanpa awak) bertenaga surya “Zephyr”, yang merupakan drone tenaga surya terbaik di dunia. Facebook juga bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi ternama seperti Nokia dan Qualcomm dalam pengembangan Internet.org.

Zuckerberg mengakui bahwa proyeknya sangat ambisius, yaitu menghubungkan 5 miliar penduduk dunia yang belum memiliki akses internet. Dan untuk itu diperlukan berbagai inovasi dan teknologi-teknologi baru.

Selain proyek Facebook tersebut, Google Inc. juga tengah menjalankan proyek serupa bernama “Project Loon”. Rencana yang diumumkan tahun lalu itu berbasis pada penggunaan balon-balon terbang bertenaga surya.

Awal bulan ini TechCrunch melaporkan bahwa Zuckerberg berminat untuk membeli perusahaan penerbangan luar angkasa Titan Aerospace yang diperkirakan bernilai $60 juta. Titan Aerospace berhasil membuat drone-drone tenaga surya yang mampu terbang hingga titik orbit rendah. Jika proses pembelian itu terlaksana, TechCrunch memperkirakan Facebook akan mengoperasikan 11.000 drone buatan Titan untuk mewujudkan ambisinya.(ca/russia today)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL