Hassan-sheikhMogadishu, LiputanIslam.com — Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud selamat dari upaya pembunuhan yang dilakukan sekelompok orang bersenjata di istana kepresidenan, hari Jumat (21/2).

Menurut keterangan pejabat kepolisian Somalia Kapten Mohamed Hussein, Presiden selamat tanpa mengalami luka-luka dalam serangan tersebut, namun beberapa pengawalnya tewas dan luka-luka.

Mohamed Hussein menambahkan bahwa sekelompok orang bersenjata telah melakukan serangan terhadap istana kepresidenan dengan bom mobil yang dilanjutkan dengan serangan dengan senjata api dan dilawan oleh pasukan penjaga istana.

Menurut keterangan polisi setidaknya 14 orang tewas dalam insiden serangan itu, termasuk 5 penjaga keamanan istana kepresidenan yang juga menjadi tempat tinggal bagi keluarga Perdana Menteri dan Ketua Parlemen itu.

Tidak lama setelah serangan, kelompok Al-Shabab mengaku bertanggungjawab atas serangan tersebut. Meski telah terusir dari ibukota oleh pasukan Uni Afrika dari Uganda, Burundi, Djibouti, Sierra Leone dan Kenya, kelompok Al Shabab masih menguasai wilayah pedesaan di Selatan Somalia dan terus melakukan serangan terhadap pasukan Uni Afrika.

Sebelumnya di bulan ini, badan urusan pengungsi PBB menyatakan keprihatiannya atas tingginya jumlah pengungsi yang terusir dari kampung halamannya akibat perang berkepanjangan antara pemerintah dengan gerilyawan Al Shabab.

Selama tahun 1991 hingga 2012 Somalia tidak memiliki pemerintahan yang kuat. Pada tgl 10 September 2013 para kepala suku memilih 275 anggota parlemen baru yang selanjutnya memilih Mohamud sebagai presiden.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL