hollande castroHavana, LiputanIslam.com — Presiden Perancis Francois Hollande menemui pemimpin senior Kuba Fidel Castro serta Presiden Raul Castro dalam sebuah kunjungan bersejarah sejak kemerdekaan Kuba tahun 1959.

Dalam kunjungan itu Hollande juga menyerukan penghentian embargo AS atas Kuba yang telah berlangsung selama satu dekade. Ia menyebut embargo itu telah menimbulkan kerugian bagi negara pulau itu.

Hollande adalah presiden Perancis yang mengunjungi Kuba sejak tahun 1898, dan menjadi pemimpin barat pertama yang datang ke Kuba sejak dekade 1980-an.

Mengutip keterangan wartawan Liberation, BBC News melaporkan, Selasa (12/5), Hollande dan Fidel Castro bertemu selama satu jam pada hari Senin.

“Saya berdiri di hadapan orang yang telah membuat sejarah (Fidel Castro),” kata Hollande.

Setelah bertemu Fidel Castro, Hollande baru menemui Presiden Raul Castro yang tidak lain adalah adik kandung Fidel.

Dalam kunjungan itu Hollande juga berpidato di University of Havana, dimana ia menyinggung embargo AS terhadap Kuba, “langkah-langkah tindakan yang telah merugikan Kuba dengan sangat, akhirnya bisa dicabut”.

Presiden Barack Obama akhir tahun lalu mengumumkan rencana pembukaan kembali kedubes AS di Kuba dan kedua negara kini tengah melakukan perundingan intensif untuk memulihkan hubungan ekonomi dan politik.

Hollande menyebutkan bahwa negaranya berniat akan meningkatkan hingga 2 kali lipat jumlah beasiswa kepada para pelajar Kuba dalam upaya meningkatkan hubungan kedua negara.

Hollande juga menyerahkan penghargaan Legion of Honour kepada pemimpin Katholik Kuba, Kardinal Jaime Ortega. Gereja Katholik Kuba selama ini telah bertindak sebagai mediator antara kalangan oposan dengan pemerintahan komunis Kuba.

BBC menyebutkan, berbeda dengan kebanyakan negara barat lainnya, Perancis sejak lama menjalin hubungan baik dengan pemerintahan komunis Kuba. HOllande sendiri menyebut kunjungannya itu sebagai sebuah ‘luapan emosi’.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL