sby polisiJakarta, LiputanIslam.com — Presiden Susilo Bambang  Yudhoyono (SBY) menginstruksikan  kepada aparat kepolisisn untuk tegas dalam menindak pelaku kejahatan dan melindungi masyarakat.

“Sikat penjahat, lindungi masyarakat,” tandas Presiden SBY dalam sambutannya pada syukuran HUT ke-68 Bhayangkara sekaligus buka puasa bersama dengan keluarga besar Polri di Auditorium STIK-PTIK, Selasa (1/7) di Jakarta Selatan.

Sedang kepada para pimpinan Polri, Presiden menghimbau untuk mengingatkan dan bahkan memimpin tugas yang diamanatkan tadi, “Sikat penjahat, lindungi masyarakat”.

Selama bulan Juli ini, kata Presiden SBY,  Polri mengadapi tantangan tugas berat, seperti mengamankan pemilihan presiden sehingga berlangsung aman, tertib, dan lancar, serta mengamankan arus mudik lebaran.

Atas tugas berat itu, kepada seluruh rakyat Indonesia, Presiden mengajak untuk menyampaikan terima kasih kepada jajaran Polri.

Presiden menilai, tugas Polri kini semakin berat  dalam menegakkan kamtibmas di alam reformasi. Namun ia mengingatkan, penggunaan cara-cara lama tidak cocok dilakukan saat ini.

“Cara-cara lama di era otoritarian tentu tidak cocok lagi untuk menjaga ketertiban publik,” kata Presiden.

Menurut Presiden  masyarakat akan dengan mudah menilai Polri telah melanggar HAM, bila aparatnya menggunakan cara lama.

“Masyarakat akan amat mudah menyalah-artikan Polri melanggar HAM, tapi polisi tetap harus tegas,” kata Presiden.

Pilpres 2014

Terkait dengan pelaksanaan Pilpres 2014, Presiden SBY kembali menegaskan perlunya Polri menjaga netralitas dan hanya memberikan dukungan kepada Presiden yang terpilih dalam Pilpres nanti.

“Setelah terpilih pemimpin selanjutnya, berikan dukungan yang sebesar-besarnya, seperti dukungan yang diberikan Polri selama ini kepada saya,” pesan Presiden SBY.

Mendampingi Presiden SBY dalam kesempatan itu antara lain Ibu Negara Ani Yudhoyono, Wakil  Presiden Boediono dan Ibu Herawati Boediono, Menko Perekonomian Chairul Tanjung, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Mensesneg Sudi Silalahi, Mendikbud Mohammad Nuh, Seskab Dipo Alam, dan Kapolri Jendral Sutarman.

Hadir juga Ketua KPK Abraham Samad, Ketua DPR Marzuki Alie, Panglima TNI Jendral Moeldoko, Kepala Staf AD, AU, dan AL.(ca/ant)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL