obama di kenyaNairobi, LiputanIslam.com — Presiden AS Barack Obama tiba di Kenya dalam kunjungan pertamanya ke negara asal orang tuanya sebagai Presiden AS. Selama kunjungan yang berlangsung 2 hari itu Obama akan menggelar pembicaraan dengan para pemimpin Kenya termasuk Presiden Uhuru Kenyatta.

Seperti dilansir BBC News, Jumat petang (24/7), selain pembicaraan bisnis, Obama akan memberikan ‘pesan yang tegas’ kepada para pemimpin Afrika tentang ‘diskriminasi’, ‘demokrasi’ dan ‘hak-hak kaum homoseksual’. Obama dan Presiden Kenya juga akan mendiskusikan tentang kerjasama bagi pemerintahan yang baik.

Selain itu, kunjungan Obama ke Kenya dan dilanjutkan ke Ethiopia, juga menunjukkan keseriusan AS untuk memerangi terorisme, demikian BBC menyebutkan.

Obama tiba dengan pesawat kepresiden AS di Bandara Nairobi, Jumat petang. Ia disambut langsung oleh Presiden Kenyatta. Ia juga disambut oleh saudara sepupunya, Auma, yang kemudian bersama Obama menaiki mobil kepresidenan menuju hotal tempat menginap Obama.

Di hotel tersebut kemudian Obama menggelar makan malam bersama sejumlah kerabatnya, termasuk neneknya, “Granny” atau “Mama Sarah” yang membesarkan ayahnya yang telah meninggal.

Selama kunjungan ini keamanan sangat ketat dengan sejumlah jalan di Nairobi ditutup, sementara orang-orang harus tinggal di rumahnya. Demikian BBC News melaporkan.

Presiden Kenyatta telah dituntut oleh Pengadilan Internasional atas kerusuhan sosial paska pemilihan umum. Namun tuduhan itu telah dibatalkan, meski pejabat bawahannya masih menghadapi tuduhan yang sama. Selain itu, Kenyatta juga pernah mengecam para pejabat AS untuk tidak ‘mengajari Kenya tentang hak-hak homoseksual’.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL