jonathanAbuja, LiputanIslam.com — Presiden Nigeria Goodluck Jonathan, melakukan kunjungan dadakan ke negara bagian yang dilanda aksi-aksi serangan kelompok Boko Haram. Kepada para pengungsi ia menjanjikan akan mengembalikan mereka secepatnya.

Ini adalah kunjungan pertamanya sejak tahun 2013 ke negara bagian Borno yang menjadi ajang serangan kelompok Boko Haram. Tahun lalu ia membatalkan kunjungan ke negara bagian itu di tengah-tengah kecaman publik bahwa dirinya tidak peduli dengan penderitaan warga. Demikian BBC News melaporkan.

Kunjungan dilakukan setelah munculnya pemberitaan media-media massa global tentang kehancuran hebat yang terjadi di kota Baga dan Doron Baga akibat serangan Boko Haram minggu lalu dimana ribuan bangunan hancur dan sekitar 2.000 warga menjadi korbannya.

Dalam kunjungannya ke ibukota negara bagian, Maiduguri, Kamis (15/1), Jonathan mengatakan kepada sekitar 900 pengungsi bahwa dirinya telah bekerja keras untuk mengembalikan mereka ke kampung halamannya.

“Semua wilayah yang dikuasai Boko Haram akan segera direbut kembali,” katanya.

Chad akan Kirim Tentara Perangi Boko Haram

Sementara itu kantor berita Antara melaporkan, Jumat (16/1) bahwa pemerintah Chad akan mengirimkan pasukannya ke Kamerun untuk memerangi Boko Haram yang beroperasi di negara itu.

“Presiden Chad Idriss Deby Itno telah memutuskan untuk mengirim kontingen pasukan penting Chad untuk mendukung angkatan bersenjata Kamerun yang tengah menghadapi serangan berulang-ulang dari kelompok teroris Boko Haram dengan keberanian, tekad dan kewaspadaan,” kata juru bicara pemerintah Kamerun dalam satu pernyataan.

Tentara Kamerun mengatakan telah membunuh 143 pejuang Boko Haram yang menyerang pangkalan militer di kota utara Kolofata, Senin (12/1).

Dalam pengumuman itu tidak disebutkan berapa banyak tentara Chad yang akan dikirimkan dan kapan pengiriman itu dilakukan.

Bantuan ini mengikuti pertemuan antara Presiden Idriss Deby dan Menteri Pertahanan Kamerun Alain Mebe Ngoo di ibu kota Chad NDjamena minggu lalu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*