jonathan2Abuja, LiputanIslam.com — Presiden Nigeria Goodluck Jonathan mengumumkan kekalahannya dalam pemilihan presiden yang berakhir hari Minggu (29/3).

“Saya berterima kasih kepada seluruh warga Nigeria atas kesempatan besar yang diberikan untuk memimpin negara ini dan meyakinkan Anda semua bahwa saya akan meneruskan perjuangan saya demi kepentingan nasional hingga akhir hidup saya,” kata Goodluck dalam pidato hari Selasa (31/3), setelah komisi pemilihan umum mengumumkan kemenangan saingannya, mantan komandan militer Jendral Buhari.

“Saya telah berjanji untuk menggelar pemilihan umum yang bebas dan adil. Saya telah memenuhi janji saya,” kata pemimpin berusia 57 tahun yang telah berkuasa selama 3 periode itu seperti dilansir Press TV.

“Ambisi seseorang tidak lebih berharga dari darah rakyat Nigeria. Persatuan, stabilitas dan kemajuan negara ini lebih penting dari semuanya,” katanya lagi sembari menegaskan bahwa seluruh perselisihan pemilu akan diselesaikan di mahkamah konstitusi.

Ia juga menyerukan para pendukung partainya, Peoples Democratic Party (PDP), yang telah berkuasa sejak tahun 1999 untuk tidak kecewa.

Sementara itu Jendral Buhari, menyambut kemenangannya itu menyatakan janjinya untuk mengakhiri korupsi dan menjamin keamanan dan stabilitasdi negara berpenduduk terbesar Afrika itu.

Para pendukung Buhari menggelar pesta kemenangan di markas partai All Progressives Congress (APC) di Abuja pada hari Selasa (31/3).

Sebelumnya para pendukung Buhari telah menggelar aksi besar-besaran menentang penyelenggaraan pemilu yang dianggap dipenuhi kecurangan. Namun hasil pemilu yang diumumkan komisi pemilu ternyata sudah cukup memuaskan mereka.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL