presiden italia iranRoma, LiputanIslam.com — Presiden Italia Iran Sergio Mattarella menyambut hangat kedatangan Presiden Iran Hassan Rouhani di Istana Kepresidenan di Roma, Senin (25/1).

Dalam pertemuan itu Presiden Italia mengatakan bahwa dunia bisnis dan industri Italia sangat bersemangat untuk menjalin kerjasama dengan Iran menyusul keberhasilan perjanjian nuklir Iran. Ia juga menyebutkan bahwa Italia akan berupaya menanam investasi besar-besaran di Iran dengan segera untuk mengganti kesempatan yang hilang akibat adanya sanksi ekonomi terhadap Iran.

Selain itu Mattarella menyebut negaranya percaya bahwa diplomasi adalah cara paling tepat untuk menyelesaikan berbagai konflik dan terorisme adalah ancaman terbesar di dunia dan hanya bisa ditumpas dengan adanya kerjasama internasional yang komprehensif dan konstruktir.

Pada bagian laian Hassan Rouhani menyebut terorisme adalah bencana terbesar yang melanda kawasan Timur Tengah yang pada akhirnya akan berdampak buruk bagi negara-negara Eropa.

“Tanpa kerjasama yang komprehensif dan tegas, terorisme  tidak bisa ditumpas, dan tanpa diragukan jika kawasan Timur Tengah kacau, konsekuensinya akan dirasakan jug ke seluruh Eropa,” kata Rouhani seperti dilansir Press TV kemarin.

Pada tanggal 16 Januari lalu, Iran dan negara-negara maju AS, Inggris, Perancis, Rusia, Cina dan Jerman, mulai mengimplementasikan perjanjian nuklir Iran (JCPOA) dimana semua sanksi terkait program nuklir Iran akan dicabut. Di sisi lain, Iran akan mengurangi produksi nuklirnya ke level yang aman dari senjata nuklir.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL