Mandaluyong, LiputanIslam.com—Pemimpin Filipina, Rodrigo Duterte, menyerukan negara-negara Asia agar memiliki kebijakan luar negeri dan pembangunan yang mandiri, tanpa meniru-niru Barat atau meminta restu dari mereka.

“Pembangunan di Asia memperlihatkan kita bahwa sia-sia saja meniru Barat,” ucapnya kepada delegasi negara Asia Pasifik di acara pertemuan Bank Pembangunan Asia (ADB) ke-51 di Kota Mandaluyong.

“Kita harus mencari cara kita sendiri untuk menghadapi tantangan zaman. Kita akan fokus kepada kebijakan-kebijakan yang cocok dengan pikiran Asia. Kita akan fokus kepada banyak hal dan tantangan yang sesuai dengan keunikan kita,” papar sang presiden.

Duterte meyakini bahwa dalam beberapa tahun ke depan, Asia akan memimpin dunia dan menjadi contoh bagi negara-negara berkembang lainnya.

Presiden berumur 73 tahun itu sebelumnya pada tahun 2016 pernah menyatakan bahwa pemerintahannya akan mengutamakan kebijakan luar negeri yang independen.

“Saya bukan penyuka Amerika… Filipina harus harus diutamakan daripada lainnya,” ucapnya pada saat itu.

“Kita harus menekankan prinsip-prinsip kedaulatan, kesetaraan kedaulatan, non-interferensi, dan komitmen untuk penyelesaian sengketa damai,” tegasnya. (ra/rt)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL