raja-ampat-tourJayapura, LiputanIslam.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dipastikan akan membuka “Sail Raja Ampat” yang akan digelar di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, tanggal 21 Juni mendatang.

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Christian Zebua kepada media mengatakan, Presiden SBY dijadwalkan menginap di kawasan kepulauan Waisai yang ada di kawasan laut Raja Ampat.

“Presiden SBY akan menginap di kawasan Waisai tanggal 20 Mei dan akan menyaksikan puncak kegiatan, yakni parade kapal,” kata Pangdam Mayjen TNI Zebua.

Menurut keterangan Pangdam, selama berada di Raja Ampat, Presiden SBY juga akan meresmikan dan meninjau rumah pintar.

“Karena itulah berbagai kegiatan sedang digalakkan termasuk nantinya “Festival Danau Sentani” yang mulai dilaksanakan tanggal 19 Juni mendatang,” kata Pangdam.

Untuk itu, kata Mayjen TNI Zebua, saat ini anggota TNI sedang dikerahkan membantu menyelesaikan berbagai fasilitas yang dibutuhkan seperti mandi, cuci, kakus (MCK).

“Sekitar satu kompi anggota zeni sudah dikerahkan untuk membantu menyelesaikan pembangunan berbagai fasilitas penunjang dan lapangan upacara,” tambah Pangdam Cenderawasih.(ca/ant)

Menurutnya, berbagai fasilitas itu diharap selesai awal Juni mendatang sehingga pembangunannya saat ini dilaksanakan siang-malam.

“Mudah-mudahan berbagai persiapan dapat selesai pada waktunya,” ujar Mayjen TNI Zebua seraya mengatakan “Sail Raja Ampat” akan diikuti peserta dari 18 negara.

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.(ca/ant)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL