suu kyi dan presiden cinaBeijing, LiputanIslam.com — Presiden Cina Xi Jinping menerima kunjungan kehormatan pimpinan partai oposisi Myanmar Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), Aung San Suu Kyi, di Balai Agung Rakyat, Beijing, Tiongkok, Kamis petang (11/6).

Kedua pemimpin itu mengadakan pertemuan tertutup. Kehadiran Suu Kyi di Cina hingga Minggu (14/6) adalah atas undangan Partai Komunis Cina, demikian seperti dilansir Antara.

Kunjungan yang akan berlangsung hingga Minggu (14/6) di Cina merupakan lawatan pertama Suu Kyi ke negeri Panda itu, pada saat hubungan kedua negara mencapai titik paling dingin. Myanmar berbatasan darat dengan Cina.

Beijing adalah pendukung utama junta militer Myanmar ketika negeri itu mendapat sanksi dari Barat, dengan menyediakan dukungan internasional yang diperlukan untuk menghadapi rezim keras yang mengurung Suu Kyi sebagai tahanan rumah.

Kini, perempuan yang berusia 69 tahun itu mengunjungi Cina dalam dua status yaitu sebagai perempuan merdeka dan sebagai politikus, menjelang pemilu pada November, saat partainya diharapkan memetik keuntungan besar. Suu Kyi diperkirakan akan menduduki jabatan Presiden mendatang, setelah dilakukan perubahan konstitusi yang memungkinkannya mengikuti pemilihan presiden.

Delegasi Myanmar itu bertandang ketika Cina yang pernah memonopoli hubungan dengan Myanmar, menghadapi persaingan dengan negara-negara lain.

Sejak reformasi pada 2011, Presiden Myanmar, Thein Sein, merangkul masyarakat internasional setelah pencabutan sanksi dan mencapai Amerika Serikat setelah berteman dengan negara-negara di Asia Tenggara.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL