demo chekoPraha, LiputanIslam.com — Presiden Cheko mendapat perlakukan tidak simpatik dari warganya ketika mereka melemparinya dengan telur busuk pada peringatan hari kemerdekaan ke-25 tahun, Minggu (16/11).

Seperti dilaporkan BBC News, ribuan warga melakukan protes kepada Presiden Milos Zeman pada peringatan Revolusi Velvet yang mengakhiri regim komunis tahun 1989.

Para demonstran mengacung-ngacungkan kartu merah sebagai peringatan kepada Zeman, sementara sebagian lainnya melempari telur yang salah satunya tepat mengenai tubuh presiden.

Sebagian warga Cheko marah kepada Zeman, mantan pejabat regim komunis, karena dianggap telah menyimpang dari tujuan revolusi dan terlalu bersimpati kepada Rusia dan Cina.

Para demonstran juga membawa spanduk bertuliskan “turunkan Zeman” dan “kami tidak ingin menjadi koloni Rusia”.

Saat presiden menyerahkan plakat penghargaan kepada para pelajar yang terlibat dalam Revolusi Velvet, ia dicemooh dan dilempari telur.

Selain Zeman, Presiden Jerman Joachim Gauck yang hadir dalam upacara, juga terkena lemparan telur. Media setempat menyebut Gauck terkejut dengan lemparan itu, namun kemudian tertawa.

Dalam pidatonya Zeman membela diri dengan menyebut dirinya juga berperan dalam Revolusi 1989, dan tidak khawatir dengan cemohan dan lemparan telur warga.

Kemarahan sebagian warga kepada Zeman memuncak terkait dengan konflik Ukraina, dimana Zeman secara terbuka memberikan dukungan kepada Rusia. Bulan lalu ia juga mengejutkan warganya dengan memberikan pujian kepada Cina.

Pada hari Senin (17/11) ribuan pendukung Zeman balik menunjukkan dukungannya kepada Zeman dengan menggelar pawai di ibukota.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL