Washington, LiputanIslam.com–Presiden Brazil Jair Bolsonaro melakukan kunjungan tak terduga ke kantor CIA di Langley, Virginia, sebelum bertemu dengan Presiden AS Donald Trump pada hari ini (19/3).

Presiden Bolsonaro dalam kunjungannya menyebut CIA sebagai salah badan “paling dihormati” di dunia.

Ia mengatakan, tujuan pertemuan itu untuk mendiskusikan “isu internasional di kawasan,”

Menurut laporan dari media Brazil, O Globo, kunjungan Bolsonaro bersama dengan Menteri Kehakiman Brazil, Sergio Moro, itu tidak pernah dicantumkan dalam agenda sang presiden dan media tidak diizinkan mengiringi Bolonsaro ke tempat pertemuan.

Sampai kini, CIA tidak memberikan komentar apa-apa tentang kunjungan ini.

Sejumlah pengamat menilai kunjungan tak biasa ini mengindikasikan keberpihakan Bolsonaro ke Washington. Namun, langkah ini kemungkinan akan dianggap kontroversial di Brazil.

Mantan menlu Brazil Celso Amorim telah mengecam pertemuan ini, dengan mengatakan bahwa “tidak ada presiden Brazil sebelumnya yang pernah membayar kunjungan ke CIA.”

“Ini langkah yang terang-terangan submisif. Tidak bisa dibandingkan dengan apapun,” ujarnya.

Bolsonaro mendarat di AS pada hari Minggu kemarin. Ia menyebut kunjungannya itu adalah kunjungan presiden Brazil ‘pro-Amerika’ yang pertama.

“Ini adalah awal dari kemitraan yang berfokus pada kebebasan dan kemakmuran, sesuatu yang sudah lama kami semua, masyarakat Brazil, harapkan,” tegasnya. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*