Hamid-Karzai_2700455bKabul, LiputanIslam.com — Presiden Afghanistan Hamid Karzai meminta Amerika dan sekutu-sekutunya menarik pasukannya di Afghanistan sesuai batas waktu yang telah ditetapkan tahun ini.

Menurut Karzai, dalam pidatonya di hadapan parlemen Afghanistan, hari Minggu (16/3) menegaskan bahwa aparat keamanan Afghanistan telah mampu untuk menangani masalah keamanan di negaranya tanpa bantuan Amerika.

Saat ini militer Afghanistan telah menguasai kendali keamanan di 93% wilayah Afghanistan.

Karzai juga mengingatkan Amerika dan negara-negara NATO untuk tidak campur tangan dalam urusan internal Afghanistan.

“Saya ingin mengatakan kepada semua negara asing yang, mungkin karena kebiasaan, atau karena ingin campur tangan, bahwa mereka tidak boleh campur tangan,” kata Karzai dalam pidatonya.

Pernyataan keras ini terjadi saat hubungan Afghanistan dengan Amerika tengah dalam ketegangan setelah Karzai menolak menandatangani perjanjian keamanan dengan Amerika yang menjamin keberadaan pasukan Amerika di Afghanistan setelah tahun 2014.

Selain menolak, Karzai dalam berbagai kesempatan mengeluarkan kecaman atas tingkah polah pasukan Amerika selama di Afghanistan. Suatu saat ia menuduh mereka sebagai “kekuatan kolonial” yang melakukan berbagai kejahatan terhadap rakyat Afghanistan.

Ribuan rakyat Afghanistan telah tewas sejak kedatangan pasukan Amerika tahun 2001 menyusul terjadinya serangan WTC, yang oleh Amerika dituduhkan dilakukan oleh rezim Taliban di Afghanistan.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL