presentar afselJohanesburg, LiputanIslam.com — Seorang presenter TV terkenal Afrika Selatan (Afsel) dirampok saat menjalankan pekerjaannya.

Kantor berita BBC News melaporkan, Rabu (11/3), Vuyo Mvoko dari stasiun televisi SABC dirampok oleh 2 orang saat menyiarkan kedatangan Presiden Zambia di depan rumah sakit kota Johannesburg. Presiden Zambia berada di rumah sakit itu untuk menjalani tes kesehatan.

Kedua perampok itu tampaknya tidak menyadari aksinya terekam oleh kamera. Mvoko mengatakan, salah seorang perampok itu mengancamnya dengan senjata api ketika ia manolak menyerahkan ponselnya.

“Saya tidak mengerti mengapa mereka beraksi tepat di depan kamera, karena mereka pasti mengetahuinya,” kata Mvoko.

Setelah peristiwa itu Mvoko memposting rekaman perampokan itu di media sosial dan dengan cepat menjadi kabar ‘viral’. Polisi mengatakan para perampok itu merampas ponsel dan beberapa laptop dan berharap bisa membekuk pelakunya secepat mungkin.

“Semoga seseorang mengenali mereka dan ia bisa ditangkap segera,” kata Mvoko kepada BBC.

Mvoko menyebut peristiwanya berlangsung kurang dari satu menit dan ia pada awalnya tidak menyadari apa yang terjadi karena tengah berkonsentrasi dengan pekerjaannya.

BBC menyebut kawasan sekitar rumah sakit tersebut selama ini relatif aman dari kejahatan.

Organisasi para editor Afrika Selatan, Sanef, mengutuk keras aksi perampokan itu dan menyebut aksi nekad itu mencerminkana tingginya kriminalitas di negara itu.

Sementara itu Presiden Zambia Edgar Lungu jatuh sakit hari Minggu (8/3), dan setelah pemeriksaan para dokter mengatakan bahwa ia harus menjalani operasi tenggorokan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*