afghan troopKabul, LiputanIslam.com — Seorang prajurit Afghanistan menembak mati seorang perwira tinggi AS di akademi militer Inggris di dekat kota Kabul. Demikian keterangan pajabat-pejabat keamanan AS.

Sebagaimana dilaporkan BBC, Selasa (5/8), seorang dengan seragam militer Afghanistan tiba-tiba menembaki orang-orang di sekitarnya di sebuah akademi militer yang dijalankan oleh militer Inggris. Selain perwira tinggi AS tersebut, seorang jendral Jerman dan jendral Afghanistan mengalami luka-luka. Korban lainnya yang mengali luka-luka adalah 2 prajurit Inggris dan beberapa tentara AS. Pelaku sendiri akhirnya berhasil ditembak mati.

Perwira tinggi AS yang tewas tersebut diketahui sebagai Mayjend Harold Greene. Ia menjadi tentara berpangkat tertinggi AS yang tewas di Afghanistan sejak AS menginvasi negara itu pada tahun 2001. Tidak hanya itu, ia juga menjadi perwira tertinggi AS yang tewas dalam tugas sejak Perang Vietnam.

Mayjend Harold Greene adalah wakil komandan Combined Security Transition Command yang bertugas mempersiapkan penarikan pasukan AS pada akhir tahun ini. Demikian laporan Associated Press.

BBC melaporkan, insiden yang terjadi di komplek militer Qargha tersebut berlangsung setelah terjadi perselisihan. Namun tidak disebutkan apakah Mayjend Green terlibat dalam perselisihan itu.

Kementrian pertahanan Afghanistan menyebutkan pelaku  direkrut sebagai personil militer 3 tahun lalu. Insiden terjadi pada jam makan siang setelah terjadi perselisihan antara pelaku dengan beberapa orang Afghanistan lainnya.

Wartawan BBC melaporkan, pelaku melakukan penembakan dari pos penjagaan terhadap rombongan perwira senior Afghanistan dan koalisi internasional. Setelah peluru senapan M-16 yang digunakan pelaku menembak habis, belasan orang telah terkena tembakan.

Perwira tinggi Afghanistan yang terluka diketahui sebagai Jendral Gulan Sakhi. Namun tidak ada keterangan lebih rinci tentang perwira tinggi Jerman yang terluka.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL