Mega-SBYJakarta, LiputanIslam.comPertemuan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kemarin, yang berhasil mencairkan suasana pasca pilpres, melahirkan sebuah pertanyaan. Kapan Megawati akan bertemu dengan Susilo Bambang Yudhoyono, yang hubungannya membeku selama 10 tahun?

Pengamat politik Arya Fernandes mengatakan bahwa SBY dalam 10 tahun terakhir telah memberikan ruang terbuka untuk bertemu dengan Megawati, tetapi sikap Megawati yang belum menunjukkan sikap menerima menjadi penghalang keduanya untuk “berdamai”. (baca: Ini Alasan Mega Tidak Mau Bertemu SBY)

“Seharusnya pertemuan Prabowo dan Jokowi bisa menjadi teladan politik dan introspeksi untuk publik, termasuk dengan SBY dan Megawati yang sudah 10 tahun lebih belum menunjukkan sikap untuk berdamai. SBY dalam 10 tahun terakhir sudah menunjukkan sikap terbuka agar bisa bertemu dengan Megawati, seperti contoh beberapa waktu lalu, ia mengutus Hatta Rajasa sebagai mediator pertemuan dengan Mega, namun sampai sekarang pertemuan tersebut tidak terjadi,” ujar Arya, seperti dilansir Merdeka, (18/10/2014).

Menurut Arya, penghalang pertemuan antara SBY dan Mega adalah faktor psikologis Mega yang tidak terima SBY mencalonkan diri menjadi presiden pada pilpres 2004, yang berakhir dengan kemenangan SBY. Kalaupun bertemu, ia menilai tidak akan mempengaruhi peta koalisi.

“Walaupun nanti bertemu, pertemuan tersebut tidak akan berpengaruh terhadap dukung mendukung antara PDIP dan Demokrat, selain waktu pelantikan yang sudah dekat, susunan kabinet pasti sudah masuk dan tidak mungkin dapat berubah dengan cepat. Demokrat juga sudah memiliki deal dengan Koalisi Merah Putih dalam pemilihan pimpinan parlemen. Sulit apabila keduanya berdamai akan menjurus untuk koalisi dan membagi jatah menteri,” ujar Arya.

Arya menyarankan untuk mempertemukan keduanya harus memiliki sosok mediator yang berpengalaman, berpengaruh, dan dihormati oleh kedua belah pihak. “Pertemuan keduanya juga harus dilangsungkan di tempat yang netral,” terang Arya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL