jokowi-prabowoJakarta, LiputanIslam.com–Prabowo Subianto akhirnya memenuhi janjinya untuk datang ke pelantikan Presiden-Wakil Presiden di Gedung MPR RI Jakarta. Kedatangannya ke dalam ruangan MPR disambut gemuruh standing applaus (tepuk tangan sambil berdiri) dari para hadirin yang memenuhi ruangan. Prabowo yang mengenakan jas hitam dan kaca mata terlihat tersenyum sambil melambaikan tangannya.

Kehadiran Prabowo seolah menandai klimaks upaya rekonsiliasi yang dilakukan Presiden Terpilih Joko Widodo. Setelah sebelumnya bertemu dengan Ketua DPR, MPR, dan DPD, lalu Ketua Golkar, pada Jumat 17/10 Jokowi menyambangi Prabowo di kediaman keluarga besarnya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. Pertemuan keduanya merupakan yang pertama sejak keduanya bersaing dalam Pilpres 2014. Usai pertemuan itu, kepada wartawan Prabowo menyatakan akan mengusahakan hadir dalam acara pelantikan bila urusannya di luar negeri bisa segera selesai. Usai pertemuan, Prabowo memang dikabarkan bertolak ke luar negeri.

Pengamat politik Yunarto Wijaya mengatakan, kehadiran Prabowo dalam acara pelantikan hari ini akan membawa efek psikologis yang sangat besar bagi masyarakat. Selama pilpres hingga beberapa waktu terakhir, suasana politik di Indonesia seolah terbelah. Demikian disampaikannya dalam acara live di MetroTV (20/10)

Lebih lanjut Yunarno menilai bahwa kalau tidak ada pertemuan Jokow-Prabowo pada Jumat lalu, situasinya mungkin berbeda.

“Kita lihat bahwa sejak Jumat, retorika politik yang muncul mulai terjadi perubahan,” kata Yunarto.

Namun Yunarto mengingatkan bahwa rekonsiliasi jangan sampai memunculkan keseragaman suara dalam DPR karena check and balances tetap penting dilakukan.

“Kita tidak berharap semua jadi satu suara karena DPR tidak boleh menjadi tukang stempel semata. Tapi, DPR harus melakukan tugasnya untuk mengawal pemerintah dengan politik akal sehat, bukan jegal-menjegal atau politik balas dendam. Kalau nanti DPR menjegal undang-undang yang diajukan pemerintah dengan landasan akal sehat, tentu kita akan dukung juga,” ungkap Yunarto. (dw)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL