kapal portugalLisabon, LiputanIslam.com — Kapal-kapal perang Portugal mengusir pergi kapal penelitian Rusia yang memasuki perairan zona ekonomi Portugal, Rabu (5/11).

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Menhan Portugal Jose Pedro Aguiar-Branco dalam kunjungan di Lithuania mengatakan bahwa kapal penelitian Rusia itu berada kurang dari 12 mil laut pantai Portugal.

Portugal adalah salah satu anggota NATO yang berkali-kali mengklaim bahwa Rusia telah menerobos wilayah udara mereka tanpa pemberitahuan. Kini Portugal, yang wilayah berada jauh dari Rusia, juga mengklaim telah disusupi oleh kapal Rusia.

Menurut BBC, tuduhan Menhan Portugal yang dilakukan saat berada di Lithuania, mengindikasikan bahwa ketegangan NATO dan Rusia saat ini terkait dengan krisis di Ukraina.

Minggu lalu pesawat-pesawat tempur F-16 Portugal melacak pesawat-pesawat tempur Rusia di perairan Laut Baltik. NATO menuduh Rusia telah mengintensifkan penerbangan pesawat-pesawatnya di sekitar negara-negara anggota NATO akhir-akhir ini.

Bulan lalu Swedia melakukan operasi militer besar-besaran untuk mencari kapal selam Rusia yang disebut-sebut memasuki perairan dekat Kepulauan Stockholm. Namun ternyata tuduhan itu tidak terbukti.

Kapal perang Portugal yang mencegat kapal Rusia hari Rabu adalah jenis korvet yang berlayar dari pelabuhan Faro.

Di bawah undang-undang internasional, Zona Ekonomi Eksklusif suatu negara berjarak 200 mil laut dari pantai.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL