tesla-roadster-0-60-speed-imageWashington, LiputanIslam.com — Demi mempopulerkan teknologi mobil listrik ke masyarakat umum, Tesla, perusahaan pembuat mobil listrik terkemuka asal AS, akan menggratiskan teknologinya untuk dipakai oleh semua orang.

Dalam sebuah wawancara dengan BBC, bos Tesla Motor Company  Elon Musk, mengisyaratkan pembebasan paten tersebut.

“Kami tidak ingin membuka jalan melewati hutan dan meninggalkan ranjau di belakang kami,” kata Musk tentang hak paten mobil listrik yang dimilikinya.

Tesla telah membuktikan bahwa mobil listrik bisa lebih handal dalam hal kecepatan dan ketahanan dibandingkan mobil berbahan bakar minyak. Namun karena mahalnya hak paten yang dimilikinya, mobil-mobil buatan Tesla dijual secara terbatas dengan harga “premium” alias lebih tinggi dari mobil sejenis yang berbahan bakar minyak.

Musk pun menyatakan keinginananya untuk menghilangkan “hambatan teknologi” agar mobil-mobil listrik bisa lebih banyak beredar di masyarakat. Musk juga telah menyampaikan maksudnya tersebut kepada para pemilik saham Tesla lainnya.

Pada hari Sabtu (7/6) Tesla mengirim 5 mobil seri Model S pertamanya ke Inggris. Mobil ini dijual dengan harga 70.000 poundsterling. Menurut laporan, mobil ini bisa melaju hingga 480 km dengan sekali pengisian batere.

Tahun lalu Tesla berhasil menjual 22.500 kendaraan dan tahun ini mereka memasang target penjualan 35.000 unit. Tahun lalu saham Tesla juta melonjak hingga 112%.

Selain mobil listrik, Musk juga terlibat dalam proyek pembuatan pesawat ruang angkasa komersil dengan dengan mendirikan perusahaan “Space X”.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL