singa indiaNew Delhi, LiputanIslam.com — India adalah satu-satunya negara di dunia di luar Benua Afrika yang memiliki binatang singa sebagai binatang asli. Pemerintah India mengumumkan populasi singa India (Asiatic lion) terus mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir.

Populasi singa India naik dari 411 pada tahun 2010 menjadi 523 tahun ini. Perdana Menteri negara bagian Gujarat Anandiben Patel mengumumkan hasil sensus binatang tersebut hari ini, sebagaimana dilansir BBC News.

Singa Asia hanya ada di kawasan Hutan Gir di sebelah barat negara bagian Gujarat. Pernah melimpah jumlahnya di negara bagian itu, binatang ini nyaris punah pada pergantian abad 20, terutama akibat perburuan dan kekeringan. Namun berkat larangan perburuan yang diterapkan dengan keras serta program-program konservasi yang diterapkan pemerintah, jumlah binatang ini terus meningkat.

Sensus terakhir binatang ini dilangsungkan awal bulan ini, dilakukan oleh 2.500 petugas dan sukarelawan. Mereka berhasil mengidentifikasi 109 singa jantan dewasa, 201 singa betina dewasa, dan 213 anak-anak dan bayi singa di wilayah seluas 21.000 km persegi mencakup 11 distrik.

Namun jumlah singa yang meningkat itu disertai juga dengan keamanan mereka dan warga di sekitar. Para ahli memperkirakan sekitar 40% dari singa-singa itu hidup di luar hutan lindung dan sekitar 260 ekor singa tewas dalam waktu 5 tahun.

Mereka menyebut kawat beraliran listrik milik perkebunan-perkebunan, pemburu, serta kendaraan dan kereta api yang melintas telah menjadi mesin pembunuh singa-singa tersebut. Selain itu, singa juga telah membunuh 14 orang dan melukai 114 lainnya dalam 2 tahun terakhir.

Selain singa, India juga terkenal dengan keberadaan harimaunya yang jumlahnya jauh lebih banyak.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL