harimau indiaNew Delhi, LiputanIslam.com — Pemerintah India mengklaim berhasil meningkatkan populasi harimau Bengal secara signifikan.

Seperti dilansir BBC News, Selasa (20/1), Menteri Lingkungan Hidup India Prakash Javadekar mengatakan bahwa jumlah harimau Bengal di India pada tahun 2014 lalu mencapai 2.226 ekor, naik 30% dari angka tahun 2011 yang berjumlah 1.706 ekor.

India merupakan negara yang memiliki populasi harimau terbesar di dunia dengan jumlah mencapai 70% dari seluruh harimau di dunia.

Javadekar menyebut peningkatan peningkatan jumlah harimau tersebut merupakan bentuk keberhasilan pemerintah. Ia menyebut hal itu sebagai “cerita keberhasilan yang sangat besar”.

“Tidak pernah terjadi sebelumnya bahwa upaya besar-besaran telah dilakukan sehingga kita memiliki gambar dari 80% harimau di India,” katanya kepada wartawan di New Delhi.

“Sementara populasi harimau di seluruh dunia mengalami penurunan, di India jumlahnya justru meningkat. Ini adalah berita yang besar,” tambahnya.

Ia menambahkan bahwa keberhasilan tersebut akan ditularkan kepada negara-negara lain di dunia yang memiliki populasi harimau. India juga bersedia untuk mendonasikan anak-anak harimau kepada masyarakat internasional dan menjadikan India sebagai pemain penting gerakan konservasi harimau dunia.

Pada tahun 2008 lalu Times of India melaporkan bahwa jumlah harimau di India terus menurun hingga pada angka terendah, yaitu 1.411 ekor.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*