jayaram-jayalalitha-2011-6-14-6-10-6New Delhi, LiputanIslam.com — Salah satu politisi paling terkenal di India, Jayaram Jayalalitha, dijatuhi hukuman penjara selama 4 tahun karena tindak pidana korupsi yang kasusnya telah berlangsung selama 18 tahun.

Seperti dilaporkan BBC News, Minggu (28/9), gubernur negara bagian Tamil Nadu ini dinyatakan bersalah karena telah memperkaya diri secara ilegal dengan kekayaan senilai $10 juta. Selain hukuman penjara, Jayalalitha juga diharuskan membayar denda sebesar 1 miliar rupee ($16 juta) dan mundur sebagai gubernur.

Kehidupan mantan artis ini dipenuhi dengan kisah jatuh bangun yang kontroversial.

Hukuman yang menimpa Jayalalitha dijatuhkan oleh pengadilan khusus di Bangalore yang berlangsung di bawah pengawalan ketat. Bersama 3 terpidana lainnya, Jayalalitha langsung harus segera menjalani hukuman dan telah dikirim ke penjara Parappana Agrahara di Bangalore.

Namun ia mengeluhkankan gangguan kesehatan di dadanya, tidak lama setelah pembacaan keputusan pengadilan, sehingga ia pun dikirim ke klinik penjara untuk diperiksa. Demikian laporan “Times of India”.

Keputusan pengadilan ini disambut positif sebagian besar warga India setelah menyaksikan drama kasus hukum Jayalalitha yang berjalan sangat lambat, yang diduga kuat terkait dengan pengaruh politik Jayalalitha.

Namun ternyata Mahkamah Agung tidak terpengaruh, terutama dengan tindakan-tindakannya akhir-akhir ini yang tidak berkompromi dengan tindak kejahatan para politisi dan tokoh-tokoh berpengaruh. Selain memecat beberapa anggota parlemen yang terbukti korupsi, Mahkamah Agung juga memerintahkan proses pengadilan cepat bagi para koruptor untuk mencegah mereka menggunakan pengaruhnya mempengaruhi proses pengadilan.

Perdana Menteri Narendra Modi juga telah berjanji akan memimpin pemerintahan yang bersih, namun baru beberapa bulan memerintah, sekitar sepertiga anggota kabinetnya kini tersangkut masalah hukum, seorang menteri bahkan menghadapi tuduhan pembunuhan.

BBC melaporkan, polisi membubarkan para pendukung Jayalalitha yang memaksa masuk ke ruang sidang.

Jayalalitha adalah sosok yang sangat dihormati di Tamil Nadu, bahkan sebagian pendukungnya menganggapnya sebagai legenda hidup. Selama 3 dekade terakhir, mantan bintang film ini menjadi politisi yang sangat berpengaruh.

Sebagai mantan artis, ia telah bermain di lebih dari 100 film. Dihormati pendukungnya sebagai sosok yang dermawan, Jayalalitha juga dibenci musuh-musuhnya karena gaya hidup mewahnya. Polisi pernah menyita 10.000 sari (pakaian wanita khas India) dan 750 pasang sepatu di rumahnya.

Kasus korupsi yang menjeratnya berfokus pada kehidupan mewahnya. 20 tahun lalu ia memecahkan rekor dunia pesta pernikahan saat menggelar pesta pernikahan putranya yang dihadiri 150.000 tamu undangan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL