gallowayLondon, LiputanIslam.com — Politisi Inggris yang dikenal sebagai pendukung perjuangan Palestina, George Galloway, secara resmi mencalonkan diri sebagai kandidat Walikota Londona mendatang.

Pemimpin Partai ‘Respect’ yang kalah dalam pemilihan legislatif bulan lalu itu pun memaparkan program-program kerjanya yang disebutnya sebagai “social cleansing” atau bersih-bersih sosial di London. Demikian BBC News melaporkan, Minggu (14/6).

Berbicara di forum Ethical Society di Holborn, ia mengatakan akan menjadikan masalah krisis perumahan sebagai prioritas utamanya jika terpilih. Ia menyebut harga-harga rumah yang tinggi telah mendorong orang-orang untuk menyingkir, baik secara literal maupun metapora.

Galloway (60 tahun) pertama kali mengumumkan rencananya untuk maju dalam pemilihan walikota pada bulan lalu. Saat itu ia berjanji akan menjadikan kota London menguntukan semua orang, bukan hanya mereka yang kaya raya saja.

Dalam sesi tanya jawab yang mengikuti pernyataan itu, Galloway mengatakan akan mewajibkan pembelian properti-properti yang ditinggalkan selama setidaknya setahun. Ia juga berjanji akan menumpas ‘kejahatan kerah putih’.

Pada tanggal 7 Mei lalu Galloway kehilangan kursi di parlemen mewakili wilayah Bradford West yang ia raih dalam pemilu tahun 2012. Ia harus menyerahkan kursinya kepada wakil Partai Buruh Naz Shah, melalui kampanye yang keras.

Pemilihan Walikota London mendatang akan digelar bulan Mei  2016, setelah walikota Johnson turun dari jabatannya setelah menjabat selama 2 periode. Pada hari Sabtu (13/6) Partai Buruh mengumumkan 6 wakilnya yang akan menjadi kandidat walikota.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL