31-ivan-watson-cnn-istanbul.w1200.h630Istanbul, LiputanIslam.com — Polisi Turki menahan wartawan CNN saat sedang siaran langsung meliput aksi demonstrasi peringatan kerusuhan Lapangan Taksim di Istanbul, Sabtu (1/6).

Koresponden internasional CNN Ivan Watson baru saja melaporkan bahwa polisi telah menutup kawasan Lapangan Taksim untuk mencegah demonstran datang, saat ia ditangkap oleh beberapa polisi.

Para pemirsa CNN International menyaksikan langsung bagaimana beberapa polisi menanyakan kartu identitas Watson dan kru-nya. Kemudian polisi merampas kamera dan mikrofon dan membawa Watson pergi.

Watson sempat berteriak kepada host acara Errol Barnett di studio dan terdengar oleh pemirsa, “Errol, kami ditahan sekarang!”

Watson dan kru pun dibawa ke kantor polisi. Polisi berdalih kartu pers yang diterbitkan kantor perdana menteri Turki masih kurang valid dan mereka meminta passport. Watson pun harus tinggal di kantor polisi selama setengah jam sampai passport-nya didapatkan dari kantor biro CNN di Istanbul.

Menurut laporan Watson, setelah dibebaskan seorang perwira polisi meminta ma’af kepadanya dan seluruh tim atas ketidaknyamanan yang diterimanya.

Watson telah bertugas selama 12 tahun di Turki dan selama ini tidak memiliki masalah dengan kartu pers yang digunakannya. Permintaan passport oleh aparat keamanan Turki sebagaimana peristiwa terakhir, menurutnya sangat tidak biasa.

Sebagaimana dilaporkan Watson, untuk mencegah aksi demonstrasi memperingati kerusuhan di Lapangan Taksim hari Sabtu (31/5), pemerintah Turki mengerahkan ribuan polisi dan pasukan anti huru-hara untuk menutup kawasan Lapangan Taksim dan Taman Gezi. Pemerintah menuduh aksi demonstrasi ditujukan untuk merusak kestabilan politik dan ekonomi Turki.

Polisi sempat menyemprotkan gas air mata dan terjadi beberapa bentrokan antara demonstran dan polisi, namun secara keseluruhan kekhawatiran terjadinya aksi kerusuhan besar-besaran sebagaimana tahun lalu, tidak terjadi.(ca/cnn)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL