uang vietnamHanoi, LiputanIslam.com — Polisi Vietnam menangkap salah satu orang terkaya di negara itu atas tuduhan penipuan. Demikian otoritas Vietnam menyebutkan.

Sebagaimana dilaporkan BBC News dengan mengutip keterangan Departemen Dalam Negeri Vietnam, Ha Van Tham, Presiden Direktur Ocean Bank, telah dibawa ke pusat penahanan di Hanoi, hari Jumat (24/10). Sementara itu Bank Sentral Vietnam juga telah mengumumkan pemecatan Tham sebagai eksekutif Ocean Bank.

Selain perbankan, Tham juga menguasai sebagian sektor perhotelan dan perumahan. Karena ketertutupan regim komunis Vietnam, jumlah kekayaan sebenarnya Tham tidak diketahui pasti. Namun diperkirkan kekayaannya mencapai angka miliaran dollar.

Media-media lokal menyebutkan bahwa Tham bisa ditahan selama 4 bulan selama penyelidikan, sebelum diajukan ke pengadilan.

Bank Sentral dalam pengumumannya, Jumat (24/10), menyebutkan Tham telah “bertanggungjawab secara pribadi” atas sejumlah pelanggaran serius, namun tidak disebutkan lebih rinci tentang bentuk-bentuk pelanggaran itu.

Sementara itu, akibat kasus yang merebak tersebut, saham Ocean Group mengalami penurunan beberapa persen sejak hari Rabu (22/10).

Penangkapan atas Tham ini merupakan realisasi dari tekad pemerintah yang telah berjanji untuk memberantas korupsi dan prakti-praktik kecurangan bisnis.

Pada bulan Juni lalu, manusia terkaya Vietnam lainnya, Nguyen Duc Kien, dijatuhi hukuman penjara selama 30 tahun karena tuduhan penggelapan pajak dan perdagangan ilegal.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL