bentrok hongkongHongkong, LiputanIslam.com — Polisi Hongkong menahan setidaknya 10 orang aktifis setelah terjadi bentrokan dalam upaya penggusuran tempat demonstrasi di kawasan Mong Kok, Selasa (25/11).

Para demonstran awalnya tidak mengadakan perlawanan ketika polisi dan petugas pengadilan berusaha menyingkirkan barikade dan tenda-tenda demonstran. Namun kemudian sekelompok demonstran melakukan perlawanan. Demikian BBC News melansir, Selasa (25/11).

Demonstran telah menduduki kawasan tersebut sejak awal Oktober lalu, menuntut pemilu langsung bagi Kepala Eksekutif Hongkong tahun 2017 mendatang. Namun Cina dan otoritas HOngkong berkukuh, pemilihan calon kandidat akan ditentukan oleh komisi bentukan pemerintah Cina, seraya menuduh aksi-aksi demonstrasi sebagai tindakan “ilegal”.

Operasi pembersihan hari Selasa (25/11) ditujukan di sekitar Argyle Street dan Nathan Road di kawasan perdagangan dan wisata Mong Kok yang ramai. Para petugas menjalankan perintah pengadilan yang memerintahkan pembersihan kawasan itu setelah adanya gugatan warga dan pengusaha yang terganggu oleh aksi-aksi demonstrasi.

“Demonstran harus pergi. Kalau tidak akan diperlakukan seperti sampah,” kata Maggie Chan, pengacara yang mewakili perusahaan bus yang turut melakukan gugatan ke pengadilan.

Aksi pembersihan dimulai sekitar pukul 10.30 waktu setempat, atau sejam setelah perintah meninggalkan lokasi dikeluarkan untuk para demonstran. Sekitar 20 petugas pengadilan yang dibantu pekerja kebersihan membongkar barikade-barikade dan tenda-tenda demonstran di bawah pangawalan polisi.

Aksi bentrokan terjadi setelah polisi mencoba membubarkan sekitar 100 aktifis yang menolak pergi.

Setidaknya 10 orang, termasuk anggota parlemen Leung Kwok-hung, ditahan polisi dan dibawa ke kantor polisi terdekat.

Minggu lalu petugas pengadilan telah membersihkan barikade di kawasan pemerintahan Admiralty, dengan hanya mendapatkan perlawanan kecil oleh demonstran.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL