KERUSUHAN FERGUSON MELUASSt Louis, LiputanIslam.com — Kepolisian St Louis tengah melakukan penyidikan terhadap ayah tiri Michael Brown, korban penembakan polisi di kota Ferguson, AS, atas dugaan melakukan tindakan penghasutan.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Rabu (3/12), polisi mendapatkan bukti berupa gambar video yang memperlihatkan Louis Head berteriak kepada massa demonstran untuk membakar sebuah bangunan, pada saat terjadinya aksi demonstrasi memprotes pembebasan polisi penembak Michael Brown.

Jubir kepolisian St Louis County, Brian Schellman, mengatakan kepada wartawan, Selasa (2/12), bahwa polisi ingin meminta keterangan Head tentang insiden tersebut.

Selain pembakaran sejumlah bangunan dan kendaraan, dalam aksi demonstrasi menolak pembebasan polisi penembak Michael Brown minggu lalu, juga terjadi sejumlah aksi penjarahan. 12 bangunan komersial terbakar dalam aksi tersebut.

Pengacara keluarg Brown, Benjamin Crump, membela aksi Louis Head dengan menyebutnya sebagai “bentuk emosi spontan”.

Polisi penembak Brown, Darren Wilson, akhir pekan lalu menyatakan pengunduran diri dari kepolisian dengan alasan keamanan. Ia merasa jiwanya terancam akibat insiden penembakan Brown yang terjadi bulan Agustus lalu.

Penyelidikan atas Louis Head datang sehari setelah Presiden Barack Obama mengajukan anggaran sebesar $263 juta kepada Congress untuk meningkatkan kualitas kepolisian.

“Ini bukan hanya masalah bagi Ferguson, Missouri. Ini adalah masalah nasional. Namun ini masalah yang bisa diatasi,” kata Obama.

Sementara itu beberapa situs independen, termasuk theconservativetreehouse.com menyebut Louis Head tidak pernah menikahi ibu Michael Brown, Lesley McSpadden secara resmi. Selain itu, keduanya juga dituduh terlibat dalam aksi penjarahan dan perampokan yang terjadi di sela-sela aksi demonstrasi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL