nisan pembantian bosniaBeograd, LiputanIslam.com — Polisi Serbia, hari Rabu (18/3), menangkap 7 orang yang diduga terlibat dalam pembantaian ribuan warga Muslik Bosnia di Srebrenica tahun 1995.

Ketujuh orang itu adalah di antara mereka yang pertama kali ditangkap oleh pemerintah Serbia terkait dengan peristiwa pembantaian itu. Demikian seperti dilansir BBC News, Rabu (18/3), mengutip keterangan para penyidik Serbia dan Bosnia.

Otoritas Serbia sebelumnya telah menahan orang-orang yang tidak terlibat langsung dengan peristiwa itu. Pada tahun 2011 Serbia menyerahkan mantan komandan milisi Serbia-Bosnia Ratko Mladic ke Mahkamah Internasional di Den Haag. Mladic dituduh sebagai salah seorang dalang peristiwa pembantaian itu dan kini dakwaannya tengah disidangkan di Pengadilan Internasional.

Diperkirakan sekitar 8.000 warga Bosnia, kebanyakan Muslim laki-laki dewasa dan anak-anak tewas di Srebrenica selama pembantaian yang berlangsung selama 3 hari. Ini menjadi kasus kejahatan kemanusiaan paling buruk di Eropa sejak Perang Dunia II.

Pembantaian itu terjadi beberapa bulan sebelum berakhirnya Perang Bosnia ketika 20.000 pengungsi berlindung di Srebrenica yang ditetapkan sebagai wilayah perlindungan di bawah pengawasan PBB.

“Adalah penting untuk ditekankan bahwa ini adalah pertama kalinya para penyidik kami menangani pembunuhan massal warga sipil dan tahanan perang di Srebrenica,” kata jaksa Bruno Vekaric kepada Associated Press, terkait dengan penangkapan itu, Rabu (18/3).

“Adalah sangat penting bagi Serbia untuk mengambil sikap yang jelas atas peristiwa Srebrenica melalui proses pengadilan,” tambahnya.

Di antara yang ditangkap itu adalah Nedeljko Milidragovic, seorang komandan pasukan yang dijuluki “Nedjo the Butcher”, yang kemudian menjadi pengusaha sukses di Serbia, Associated Press melaporkan.

Pada bulan Desember 2014 lalu penyidik Bosnia dan  Serbia menangkap 15 orang yang dituduh melakukan kejahatan perang, ketika mereka menurunkan 19 orang dari kereta api dan kemudian membunuhnya. Polisi Serbia menangkap 5 tersangka dan 10 lainnya ditangkap oleh polisi Bosnia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*