sekolah elit australiSydney, LiputanIslam.com — Salah satu sekolah swasta paling top di Sydney, Knox Grammar, kini menjadi perhatian aparat hukum setempat setelah munculnya kecurigaan bahwa guru-guru di sekolah tersebut melakukan penganiayaan seksual terhadap murid-murid laki-laki.

Berlokasi di Upper North Shore, Knox Grammar adalah sekolah khusus untuk anak laki-laki dan di antara lulusannya ada yang pernah menjadi perdana menteri Australia, aktor dan banyak jabatan penting lainnya.

Sebuah penyelidikan bernama Komisi Kerajaan Mengenai Penanganan Institusi Terhadap Pelecehan Seksual Terhadap Anak-anak akan mengfokuskan perhatian bagaimana sekolah swasta yang dikelola Gereja Uniting ini menangani kasus pelanggaran seksual yang terjadi antara tahun 1970 sampai 2012. Demikian seperti dilaporkan Republika, Jumat malam (23/1).

Pada tahun 2009 dan 2010, empat pria menyatakan diri bersalah menganiaya secara seksual murid di sekolah tersebut.

Kasus yang paling mendapat perhatian antara seorang guru bernama Craig Treloar yang mendapat hukuman penjara di tahun 2010 karena menganiaya empat murid berusia 11-13 tahun antara tahun 1986 dan 1987.

Seorang guru lainnya Adrian Nisbett mendapat hukuman percobaan di tahun yang dama karena melecehkan murid di tahun 1976 sampai 1986.

Laporan menyebutkan para guru ini tetap mengajar setelah pelanggaran terungkap. Dalam satu masa, tindak kriminal ini tidak mendapat perhatian ataupun tidak diketahui selama lebih dari 20 tahun.

Knox Grammar sejauh ini mengatakan mereka selalu menerima tanggung jawab atas apa yang terjadi.

Mulai 23 Februari, mantan murid sekolah tersebut akan diminta memberikan kesaksian mengenai mengapa banyak tindakan pelecehan seksual tidak terdeteksi selama begitu lamanya.

Beberapa lulusan sekolah ini antara lain aktor Hugh Jackman, mantan presiden komisaris salah satu bank di Australia Macquaire Bank David Clarke, penyiar radio John Laws.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*