drone parisParis, LiputanIslam.com — Tiga orang jurnalis televisi Qatar Al Jazeera ditangkap polisi Perancis karena kecurigaan terlibat dalam penerbangan drone-drone misterius di atas kota Paris pada hari Selasa malam (24/2).

Mereka ditangkap setelah ketahuan polisi di area Bois de Boulogne. Demikian seperti dilaporkan kantor berita Iran Press TV, Kamis (26/2).

Jubir kepolisian mengatakan bahwa saat ini belum ada hubungan antara penangkapan itu dengan penerbangan drone-drone misterius tersebut. Sementara Al-Jazeera mengatakan bahwa ketiga wartawannya tengah membuat laporan tentang drone-drone itu.

Setidaknya 5 drone misterius terbang di atas kota Paris antara Selasa malam hingga Rabu dini hari. Drone-drone itu diketahui terbang di atas bangunan-bangunan simbol kota Paris seperti Menara Eifel, Penjara Bastille dan Istana Kepresidenan.

Berdasar UU penerbangan Perancis, penerbangan di atas kota Paris tanpa ijin merupakan tindakan melanggar hukum yang diancam pidana 1 tahun penjara dan denda €75,000 atau sekitar Rp 1 miliar. Adapun penerbangan drone di malam hari adalah tindakan yang sama sekali melanggar hukum.

Sumber-sumber otoritas keamanan Perancis mengatakan kepada kantor berita Perancis AFP bahwa ketiga orang itu melakukan aksi terpisah namur terorganisir.

“Orang pertama mengendalikan drone, orang kedua memfilmkannya dan orang ketiga mengawasi,” kata sumber itu.

Nama-nama dan kewarganegaraan ketiga jurnalis tersebut masih disembunyikan polisi.

Pada bulan Oktober 2014 lalu seorang turis asal Israel didenda €400 dan ditahan semalam setelah tertangkap tangan menerbangkan drone di atas RS Hotel Dieu dan kantor polisi.

Dalam setahun terakhir sejumlah drone misterius dikethui telah terbang di atas Perancis, termasuk di atas tempat-tempat strategis dan sensitif seperti reaktor nuklir dan pangkalan-pangkalan militer. Namun sampai saat ini otoritas Perancis belum menemukan satu pun yang bertanggungjawab atas penerbangan-penerbangan itu meskipun mereka telah melakukan penyelidikan.

“Tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” kata jubir pemerintah Stephane Le Foll tentang kekhawatiran penerbangan drone-drone itu mengancam keamanan nasional Perancis.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL