politisi okonawaTokyo, LiputanIslam.com — Masa depan pangkalan-pangkalan militer AS di Jepang yang sebagian besar berada di Okinawa kini terancam, setelah politisi yang dikenal sebagai penentang keberadaan pangkalan-pangkalan militer itu memenangkan pemilu lokal Okinawa.

Takeshi Onaga berhasil memenangkan pemilihan gubernur Okinawa yang digelar hari Minggu (16/11). Demikian media-media lokal melaporkan sebagaimana dikutip BBC News. Ia mengalahkan Gubernur Nakaima yang tahun lalu berjanji akan memindahkan pangkalan militer AS ke wilayah utara Okinawa.

Sejak rencana pemindahan itu, gerakan menentang keberadaan pangkalan-pangkalan militer AS semakin marak di Okinawa, dan Onaga adalah salah seorang yang menginginkan pangkalan-pangkalan itu dipindahkan sama sekali dari Pulau Okinawa.

“Keputusan Gubernur (Nakaima) Desember tahun lalu untuk melakukan relokasi terbukti salah, setelah keberhasilan saya memenangkan pemilihan ini,” kata Onaga menyambut kemenangannya, Minggu (16/11) petang.

“Rakyat Okinawa sangat jelas berfikir beda (dengan para politisi) dan menuntut alternatif lain,” tambahnya.

“Saya akan berusaha sekuat tenaga untuk membatalkan rencana pemindahan itu dan saya berdiri bersama seluruh rakyat Okinawa,” katanya lagi.

Gubernur inkumben Nakaima sebelumnya juga menentang keberadaan pangkalan militer AS, namun kemudian berbalih arah mendukung rencana pemerintah Jepang untuk memindahkan pangkalan militer AS ke wilayah utara beserta paket bantuan keuangan kepada pulau itu.

Okinawa, yang merupakan provinsi pulau sendiri di wilayah paling selatan Jepang, menjadi tuan rumah bagi 26.000 pasukan AS yang tinggal di beberapa pangkalan militer. Penolakan atas pangkalan-pangkalan itu terutama terjadi pada pangkalan udara Futenma yang berada di dekat wilayah padat penduduk di Okinawa.

Warga menuntut pangkalan itu ditutup selamanya, namun pemerintah memilih untuk memindahkannya ke utara.

Selain itu beberapa kasus pemerkosaan oleh personil militer AS terhadap warga lokal juga semakin menambah besar sentimen penolakan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL