pencurian inggrisLondon, LiputanIslam.com — Polisi menangkap 9 tersangka perampokan atas perusahaan jasa penyimpanan ‘Hatton Garden Safety Deposit Ltd’, Selasa (19/5). Demikian BBC News melaporkan hari ini (20/5).

Polisi berjumlah 200 personil menyerbu 12 alamat di London dan Kent yang diduga menjadi tempat persembunyian para pelaku. Selain 9 orang yang ditangkap, polisi juga berhasil mengamankan kembali sejumlah barang curian yang bernilai tinggi.

Pencarian masih terus dilakukan polisi di beberapa alamat.

Kepolisian Scotland Yard awalnya menangkap 7 orang berusia antara 48 dan 76 tahun. Kemudian mereka menangkap 2 orang laki-laki berusia 58 tahun dan 43 tahun.

Polisi juga memburu sebuah mobil van Transit bernomor DU53 VNG yang diketahui melalui kamera CCTV mondar-mandir di kawasan Hatton Garden selama masa liburan Paskah lalu.

Hatton Garden adalah kawasan tempat penjualan perhiasan yang telah berdiri sejak abad 19 ketika perusahaan perhiasan De Beers mulai menjual berlian-berliannya yang berasal dari Afrika, melalui Inggris.

Sekitar 70 kotak deposit berisi perhiasan berhasil dilarikan oleh kawanan pencuri di perusahaan tersebut bulan April lalu. Diduga kuat pelaku melakukan aksinya pada saat liburan Paskah, dan polisi baru mengetahui pencuian tersebut setelah mendapatkan laporan pada tanggal 7 April.

Belum ada keterangan resmi tentang jumlah kerugian dalam peristiwa pencurian itu, namun diperkirakan tidak kurang dari 200 juta pound. Ini merupakan kasus pencurian terbesar sepanjang sejarah Inggris.

Para pencuri diketahui menggunakan peralatan pemotong dan pengebor khusus dalam melakukan aksinya sehingga mampu menjebol tembok beton setebal 50 cm. Sementara itu publik mengecam polisi yang dianggap gagal menanggapi alarm yang berbunyi ketika terjadi pencurian.

“Kami kini dalam posisi untuk mengkonfirmasi bahwa dalam kejadian itu sistem dan prosedur pemanggilan kami tidak bekerja baik,” kata pejabat kepolisian setempat seperti dilaporkan BBC.

Kasus pencurian terbesar di Inggris sebelumnya terjadi tahun 2006, ketika pencuri menggondol £53 juta dari sebuah perusahaan sekutiras di Tonbridge, Kent.

Pada tahun 2000 polisi menggagalkan usaha pencurian terhadap berlian-berlian senilai £350 yang dipamerkan di Millennium Dome, London.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL