pemberontak komunis indiaNew Delhi, LiputanIslam.com — Polisi India hari Selasa (9/6) menewaskan 12 pemberontak komunis-Maois dalam sebuah tembak-menembak di negara bagian Jharkhand.

Tembak-menembak berlangsung di wilayah hutan di Distrik Palamau yang menjadi basis pemberontak komunis. Tidak ada korban di pihak polisi, demikian klaim polisi kepada BBC News. Polisi juga berhasil menyita sejumlah senjata dari tangan pemberontak.

Para pemberontak mengklaim mereka berjuang untuk menerapkan sistem komunis di wilayah pedesaan demi kepentingan warga miskin. Pemberontakan mereka dimulai tahun 1960-an di negara bagian Bengal Barat, dan hingga kini telah menyebar ke lebih dari 600 distrik di 1/3 wilayah India.

Namun dalam beberapa tahun terakhir aktifitas mereka menurun tajam setelah mereka terusir dari wilayah perkotaan, menyusul offensif besar-besaran militer dan polisi terhadap mereka. Meski demikian, dengan cara ‘tembak dan lari’ aksi-aksi mereka masih menewaskan ratusan warga setiap tahunnya.

Sejumlah saksi menyebutkan tembak-menembak terjadi ketika dalam sebuah operasi keamanan, polisi berusaha menghentikan 2 kendaraan yang ditumpangi para pemberontak. Para pemberontak menolak berhenti dan menembakkan senjatanya dan dibalas polisi.

Pada bulan Desember 2014 lalu, 14 pasukan India tewas akibat diserang oleh para pemberontak Maois di negara bagian Chhattisgarh.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL