shiah kashmirNew Delhi, LiputanIslam.com — Polisi dan paramiliter India membubarkan perayaan Hari Asyura di Srinagar, Kashmir, Kamis (22/10).

Bentrokan keras terjadi ketika polisi dan aparat keamanan menembakkan gas air mata dan memukuli jamaah yang tengah berduka memperingati meninggalnya Imam Hussein di Karbala. Polisi juga menahan belasan jamaah dalam aksi itu. Demikian seperti dilaporkan Press TV, Kamis petang (22/10).

Pemerintah India telah melarang peringatan Hari Asyura dengan alasan untuk menghindarkan konflik sektarian. Namun kaum Shiah dan para aktifis HAM menuduh hal itu melanggar hak warga untuk beribadah.

“Kami ingin hidup dalam semangat Imam Hussein. Itulah sebabnya pemerintah melarang kami mengikuti kegiatan ini. Kami akan menjaga semangat Imam Hussein tetap hidup,” kata seorang tokoh Shiah Kashmir kepada Press TV.

Meski belum pernah diadakan sensus tentang jumlah penganut Shiah di India, para ahli memperkirakan jumlahnya mencapai 40 hingga 50 juta orang dan merupakan komunitas Shiah terbesar di dunia setelah Iran. Di antara penganut Shiah India yang terkenal adalah aktor Feroz Khan dan pengusaha Azim Premji yang merupakan salah seorang terkaya India.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL