polisi hongkong berangus demonstranHongkong, LiputanIslam.com — Ratusan polisi anti huru-hara membersihkan jalan utama di dekat kompleks pemerintahan Hongkong dari para demonstran, Selasa (14/10) petang. Sejumlah demonstran pun ditangkap.

Sebagaimana laporan BBC News, polisi membersihkan jalan underpass Lung Wo Road yang menjadi basis baru pada demonstran setelah beberapa lokasi demonstrasi lainnya telah dibersihkan polisi.

Ini adalah hari ketiga operasi pembersihan demonstran, meski polisi mengaku hanya bermaksud menertibkan lalu-lintas.

Selama 2 minggu lebih demonstran menduduki jalan-jalan utama Hongkong, terutama di kawasan bisnis Mong Kok, Central, dan kawasan perkantoran pemerintah Admiralty. Mereka memprotes undang-undang pemilihan kepala ekskutif Hongkong yang mengharuskan semua kandidat menjalani “screening” oleh badan pemilihan yang dibentuk pemerintah.

Meski jumlah demonstran pernah mencapai puluhan ribu pada awal-awal aksi demonstrasi, dalam minggu terakhir ini jumlahnya telah menyusut jauh sehingga memudahkan polisi untuk melakukan operasi pembersihan.

Televisi-televisi Hongkong memperlihatkan terjadinya bentrokan fisik ketika polisi berusaha menangkap beberapa demonstran.

Akhir pekan lalu pemimpin ekskutif Hongkong CY Leung mengatakan bahwa pada demonstran hampir mustahil bisa mendapatkan apa yang dituntutnya, seraya menyebut aksi-aksi demonstran telah berada di luar kontrol.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL