direktur fbiWashington, LiputanIslam.com — Kepolisian Federal AS menyelamatkan 168 korban dan menangkap 281 mucikari perdagangan seks anak di seluruh AS dalam sebuah operasi penangkapan yang berlangsung selama seminggu. Demikian keterangan kepolisian federal AS FBI.

“Anak-anak kita bukanlah untuk diperdagangkan,” kata Direktur FBI James Comey, dalam pernyaan pers, Senin (23/6), tentang operasi penangkapan bersandi “Operation Cross Country”.

Sebagaimana dilaporkan BBC  hari ini (24/6), sekitar 400 aparat penegak hukum di lebih dari 100 kota di AS terlibat dalam operasi tersebut. Beberapa anak korban kejahatan tersebut dijual melalui internet.

“Ini bukan tentang anak-anak di negeri entah berantah. Ini adalah anak-anak Amerika,” tambah Comey seraya menambahkan bahwa operasi yang digelar selama seminggu tersebut masih akan dilanjutkan dengan operasi-operasi penangkapan berikutnya.

Menurut FBI, operasi ini adalah yang ke-8 sepanjang 11 tahun terakhir. Sepanjang masa itu FBI telah menyelamatkan 3.600 anak-anak korban perdagangan seks anak-anak, dan membawa 1.450 kasusnya ke pengadilan.

Para pejabat FBI mengatakan bahwa anak-anak yang berhasil diselamatkan akan mendapatkan terapi kesehatan. Dan sebagian dari mereka yang diselamatkan itu sebelumnya pernah menjadi korban kejahatan sejenis.

Menurut John Ryan dari lembaga nasional penanganan anak hilang dan korban eksploitasi, korban-korban yang diselamatkan adalah mereka yang telah dilaporkan sebagai korban hilang. Tanpa laporan tersebut maka pihaknya tidak memiliki dasar untuk melakukan pencarian.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL