bos yukosMoskow, LiputanIslam.com — Polisi bersenjata pada Selasa (22/12) menggeledah kantor-kantor gerakan pro demokrasi yang didirikan ‘oligarh’ Mikhail Khodorkovsky yang dikenal sebagai pengkritik keras Presiden Vladimir Putin.

Polisi menyatakan bahwa penggeledahan itu sebagai bagian dari investigasi kejahatan atas mantan taipan tersebut dan teman-temannya, lapor Reuters. Khodorkovsky, yang dituduh polisi akhir bulan ini melakukan sebuah pembunuhan pada 1998, menyebutkan bahwa itu adalah tekanan paling akhir atas dirinya sebagai ganjaran yang harus dibayar karena mengambil sikap kritis terhadap Presiden Putin.

“Penggeledahan terhadap (gerakan) Rusia Terbuka setelah pertemuan saya dengan para wartawan,” kata Khodorkovsky dalam kicauan di Twitter resminya, seperti dilansir Antara.

“Suatu pengulangan dari peristiwa tahun 2003. Putin telah bisa diprediksi,” tambahnya.

Gerakan tersebut, yang menggabungkan kelompok-kelompok dan individu-individu yang menginginkan Rusia berubah, mengatakan bahwa polisi juga menggeledah apartemen-apartemen beberapa stafnya di Moskow dan St Petersburg dan menyita dokumen-dokumen.

Khodorkovsky telah berulang-ulang mengeritik Kremlin dalam beberapa bulan terakhir, menuding Putin memimpin Rusia menuju periode kemandegan ala Soviet tahun 1970-an yang akhirnya dapat memicu kejatuhan Rusia.

Putin membebaskan Khodorkovsky, yang pernah jadi orang terkaya di Rusia, pada 2013 setelah ia mendekam satu dekade dalam tahanan karena kasus penyelewengan, sebuah dakwaan yang Khodorkovsky katakan telah dibuat-buat untuk menghukum dia karena membiayai oposisi politik terhadap Putin.

Putin dan para pendukungnya memandang Khodorkovsky sebagai seorang pencuri dan pengkhianat Rusia.

Komite Investigatif Rusia menyatakan bahwa peggeledahan pada Selasa merupakan bagian dari investigasi kejahatan atas mantan pemegang saham dan menajemen Yukos, sebuah perusahaan besar di bidang perminyakan yang sudah tak ada lagi. Khodorkovsky memimpinnya sampai dia ditangkap pada 2003.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL