australia policeMelbourne, LiputanIslam.com — Kepolisian anti-terror Australia menangkap 2 orang tersangka terorisme di Sydney, Rabu (24/12). Seorang di antaranya diketahui memiliki dokumen tentang rencana serangan teroris.

Penangkapan itu ada kaitannya dengan penangkapan-penangkapan tersangka terorisme yang dilakukan September lalu. BBC News melaporkan, mengutip keterangan kepolisian Australia.

Penangkapan ini juga terjadi menyusul pernyataan Perdana Menteri Tony Abbott yang mengatakan bahwa terjadi peningkatan tajam perbincangan publik tentang terorisme sejak terjadinya aksi penyanderaan di Sydney minggu lalu yang menewaskan 3 orang.

Pada hari Rabu (24/12) Wakil Komisaris Kepolisian Federal Australia Michael Phelan mengatakan orang yang diketahui memiliki dokumen tentang rencana aksi terorisme, Sulayman Khalid (20 tahun) diketahui tengah merencanakan serangan teroris terhadap beberapa fasilitas pemerintah.

“Saya yakin bahwa kami telah membuyarkan aksi-aksi yang telah mereka rencanakan,” katanya kepada wartawan.

Khalid yang tidak mengajukan penangguhan penahanan, terancam hukuman penjara selama 15 tahun. Rekannya yang berusia 21 tahun juga tidak mengajukan penangguhan penahanan. Namun ia menghadapi tuduhan yang lebih ringan, yaitu pelanggaran menggunakan peralatan komunikasi tertentu.

Setelah serangkaian aksi penangkapan di Sydney dan Brisbane in bulan September lalu, polisi mengatakan telah berhasil menggagalkan sejumlah rencana serangan kekerasan di Australia, termasuk rencana melakukan aksi pemenggalan di depan publik.

Polisi mengatakan saat ini ada 11 orang yang ditahan atas dakwaan terorisme di Australia. Phelan menyebut, ada hubungan idiologis antara para tersangka terorisme itu dengan kelompok ISIS.

Hari Selasa (23/12), seusai bertemu dengan Komisi Keamanan Nasional, Perdana Menteri Tony Abbott mengatakan bahwa “terjadi peningkatan percakapan, yang oleh sebagian besar masyarakat dianggap sebagai percakapan para pendukung terorisme”.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL