batu meteorBuenos Aires, LiputanIslam.com — Polisi Argentina berhasil menangkap kawanan pencuri satu ton batuan meteor di Provinsi Chaco, Argentina utara.

Seperti dilaporkan BBC News, Minggu (31/5), polisi jalan raya menemukan lebih dari 200 potongan batu meteor yang disembunyikan di bawah kursi sebuah truk yang diberhentikan dalam sebuah razia rutin.

Karena tindakan pencurian itu, tiga warga Argentina dan seorang warga Paraguay ditangkap.

Provinsi Chaco telah terkenal di dunia sebagai wilayah yang banyak ditemukan batu-batu meteor, yang oleh negara ditetapkan sebagai benda yang dilindungi. Satu wilayah yang terkenal dengan banyaknya batu meteor adalah “Campo del Cielo”, atau “Ladang Surga”. Di area seluas 1.300 km persegi itu banyak ditemukan pecahan-pecahan meteor yang diduga jatuh sekitar 4.000 tahun yang lalu.

Salah satu potongan terbesar diberi julukan “El Chaco”, memiliki berat 37 ton, ditemukan pada tahun 1967 dengan menggunakan detektor metal. Ini adalah potongan batu meteor terbesar kedua di dunia yang berhasil ditemukan.

Batu-batu meteor itu sangat menarik para kolektor dan mengundang banyak pencuri. Pada tahun 1990 polisi Argentina juga berhasil menggagalkan upaya pencurian “El Chaco”, yang oleh pencurinya akan dijual kepada seorang kolektor dari AS.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL