perang vietnamHo Chi Minh City, LiputanIslam.com — Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung mengecam kejahatan perang AS selama Perang Vietnam tahun 1960-an hingga 1970-an. Dung menyebut kekejaman AS tersebut sebagai ‘kejahatan-kajahatan barbar’.

“Mereka (AS) melakukan kejahatan-kajahatan barbar yang tidak terhitung, mengakibatkan kerugian dan kepedihan yang tidak terhitung bagi rakyat dan negara kita,” katanya dalam pidato memperingati 40 tahun kemenangan Perang Vietnam di Ho Chi Minh City, Kamis (30/4).

“Kemenangan Besar Musim Semi tahun 1975 merupakan halaman yang mengagumkan dalam sejarah negeri ini,” kata Dung lagi seperti dilansir BBC News.

Pada tanggal 30 April 1975 tank-tank Vietnam Utara memasuki kota Saigon, waktu itu adalah ibukota Vietnam Selatan, sekaligus memulai penyatuan kedua Vietnam di bawah kekuasaan regim komunisme. Namun dalam beberapa tahun terakhir, warna komunisme Vietnam seolah telah luntur berganti dengan semangat liberalisme-kapitalisme yang ditandai dengan masuknya sejumlah investasi asing ke negari itu, terutama dari negara-negara barat seperti AS.

Perang Vietnam, atau warga Vietnam menyebutkan sebagai Perang Amerika, menelan jutaan jiwa warga Vietnam dan jutaan lainnya terluka dan menderita cacat. Selain itu 58.000 pasukan AS juga dinyatakan tewas selama perang.

Pada tahun 1971, Menlu AS John Kerry, yang kala itu adalah seorang prajurit AS, bersaksi di hadapan sidang Senat AS bahwa prajurit-prajurit AS melakukan sejumlah aksi kekejaman yang tidak terkira selama perang.

Perang Vietnam juga diwarnai dengan penggunaan senjata-senjata kimia yang sangat intensif oleh AS, seperti penggunaan bahan beracun Agent Orange yang melukai sejumlah besar warga sipil Vietnam.

Pemerintah Vietnam menyebutkan sekitar 4 juta warga Vietnam telah terpapar bahan-bahan kimia berbahaya yang ditembakkan pasukan AS dan 3 juta di antaranya menderita berbagai penyakit akibat bahan-bahan kimia itu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL