erdoganTeheran, liputanislam.com — Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan dan rombongan pejabat-pejabat tinggi Turki tiba di Iran dalam kunjungan resmi yang dianggap sebagai kunjungan strategis.

Erdogan dan rombongan tiba di Bandara Mehrabad International Airport, Selasa malam (28/1) dan disambut oleh Deputi Menlu Hossein Amir-Abdollahian. Ia dijadwalkan akan bertemu pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Seyyed Ali Khamenei, Presiden Hassan Rouhani dan beberapa pejabat tinggi Iran lainnya selama 2 hari kunjungan. Dalam rombongannya, Erdogan ditemani oleh Menlu Ahmet Davutoglu, Menteri Energi Taner Yildiz dan Menteri Ekonomi Nihat Zeybekci.

Menurut beberapa sumber terpercaya, selama kunungan ini Iran dan Turki diperkirakan akan menandatangani “kerjasama strategis tingkat tinggi”. Kunjungan ini merupakan kunjungan Erdogan pertama di masa pemerintahan Presiden Hassan Rouhani yang dimulai pertengahan tahun lalu. Sebelumnya dalam pemerintahan Presiden Ahmadinejad, Erdogan juga pernah berkunjung ke Iran.

Di antara agenda penting lainnya dalam kunjungan ini adalah pertemuan Komite Ekonomi Turki-Iran yang tertunda selama 2 tahun. Erdogan juga dijadwalkan akan berpidato di International Institute of the Iranian Foreign Ministry dengan tema kerjasama bilateral Turki-Iran.

Dalam pernyataannya sebelum meninggalkan Turki hari Selasa, Erdogan mengungkapkan harapannya agar kunjungan ini dapat meningkatkan hubungan perdagangan kedua negara ke tingkat $30 miliar pada tahun 2015 mendatang dari nilai perdagangan tahun lalu yang mencapai $13 miliar.

Sebelum kunjungan ini, awal bulan ini menlu Iran Mohammad Javad Zarif telah berkunjung ke Turki dan bertemu dengan Erdogan dan Menlu Davutoglu. Dalam pertemuan itu kedua pihak sepakat untuk meningkatkan nilai perdagangan kedua negara hingga $30 miliar.

Iran merupakan suplier gas terbesar kedua ke Turki setelah Russia. Sebagian gas asal Iran dimanfaatkan untuk membangkitkan energi listrik Turki.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL