katalanMadrid, LiputanIslam.com — PM Spanyol Mariano Rajoy mengingatkan warga Katalan dan Skotlandia tentang dampak buruk yang akan dialami jika keduanya memisahkan diri dari negara induk masing-masing, Spanyol dan Inggris.

“Jika satu bagian negara memisahkan diri, mereka akan menjadi kelompok ketiga dalam hubungannya dengan Uni Eropa,” kata Rajoy di hadapan parlemen Spanyol, Rabu (17/9). Demikian laporan RIA Novosti.

Menurut Rajoy, untuk menjadi anggota penuh Uni Eropa akan membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun karena harus mendapat persetujuan dari 28 anggota.

“Saya sama sekali tidak bersimpati pada proses ini. Mereka (Skotlandia) telah bertindak buruk terhadap negaranya dan terhadap seluruh Uni Eropa,” kata Rajoy menanggapi pertanyaan anggota parlemen tentang pemisahan Skotlandia dan kemungkinannya tetap ingin bergabung dengan Uni Eropa.

Sebagaimana diketahui, hari ini rakyat Skotlandia menggelar referendum untuk menentukan apakah Skotlandia harus memisahkan diri atau tetap bergabung dalam negara Inggris. Sementara itu tuntutan pemisahan diri oleh warga provinsi otonomi Katalonia di Spanyol juga semakin mengemuka, meski belum ada ketetapan hukum tentang penggelaran referendum.

Rajoy menyebut referendum di Skotlandia sebagai “torpedo” bagi Uni Eropa.

Sikap keras Rajoy menolak pemisahan tersebut mendapat kecaman anggota parlemen dari Basque National Party, Aitor Esteban, yang menyerukan Rajoy untuk bersikap “demokrat” dan mengikuti sikap pemerintah Inggris yang mengijinkan referendum di Skotlandia. Sikap Rajoy bahkan disebutkannya sebagai tidak sesuai dengan prinsip demokrasi Eropa.

Minggu lalu diperkirakan sebanyak 2 juta warga Katalan menggelar demonstrasi menuntut referendum di kota Barcelona.

Presiden Katalonia Artur Mas telah menjanjikan kepada warganya untuk menggelar referendum pada tanggal 9 November. Parlemen regional akan memutuskan masalah referendum tersebut minggu ini.

Namun pemerintahan pusat menolak keinginan tersebut dengan dalih tidak dikenal dalam konstitusi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL