najib razakBeijing, LiputanIslam.com — Perdana Menteri Malaysia Najib Razak tidak akan melakukan pertemuan dengan keluarga penumpang pesawat Malaysia Airlines MH370 asal Cina selama kunjungannya ke Beijing. Inilah kunjungan pertama Najib sejak hilangnya pesawat tersebut tgl 8 Maret lalu.

Sebagaimana dikutip kantor berita Inggris Reuters, Najib akan bertemu dengan Presiden Xi Jinping, Perdana Menteri Li Keqiang, dan ketua parlemen Zhang Dejiang dalam kunjungan enam hari yang akan berakhir hari Minggu, menandai 40 tahun hubungan diplomatik dua negara, kata seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Malaysia. Namun Najib tidak akan bertemu dengan keluarga penumpang pesawat yang hilang, yang sekitar dua pertiganya adalah warga Tiongkok.

Jurubicara delegasi Najib dalam kunjungan itu mengatakan hari Rabu (28/5), pihaknya tidak bisa berkomentar mengenai alasan tidak adanya pertemuan dengan keluarga korban.

Tidak bersedianya Tun Razak bertemu membuat keluarga korban MH370 di Cina pun marah.

“Kami sudah bertanya (ke kantor Najib) hari ini, kami tanya kemarin dan sehari sebelumnya. Kami sudah meminta pertemuan ini sebulan sebelumnya namun tidak ada tanggapan,” kata seorang anggota keluarga korban yang dikenali sebagai Xu.

“Ini tidak betul, dia punya kewajiban untuk bertemu dengan kami,” tambahnya.

Pesawat Boeing 777 yang membawa 239 penumpang termasuk kru hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing hampir tiga bulan lalu.

Data satelit menunjukkan penerbangan itu diperkirakan berakhir di kawasan terpencil di Lautan Hindia sebelah barat Australia, namun operasi pencarian termahal dalam sejarah penerbangan itu sejauh ini belum berhasil menemukan tanda-tanda keberadaan pesawat itu.

Keluarga penumpang semakin frustrasi dan menyebut Malaysia tidak memberikan informasi yang cukup.

Malaysia, di lain pihak, mengatakan telah berulangkali memberikan penjelasan kepada kerabat terdekat dan melakukan upaya serius untuk mengetahui nasib pesawat naas itu.

“Jika ia berada di Malaysia kami tidak akan memintanya untuk datang (dan bertemu kami),” kata seorang anggota keluarga korban bernama Wang. “Tetapi karena ia ada peluang datang ke sini, kenapa dia tidak bertemu dengan kami?”

Jurubicara Kemenlu Cina, Qin Gang, dalam jumpa pers mengatakan ia tidak mempunyai informasi mengenai rencana Najib bertemu dengan keluarga penumpang MH370.

“Tiongkok telah memberikan bantuan dan mendesak Malaysia Airlines memberikan bantuan dan kenyamanan yang layak bagi keluarga penumpang asal Tiongkok dan kami akan terus melakukannya,” kata Qin.(ca/ant)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL