shinzo abeTokyo, LiputanIslam.com — PM Jepang Shinzo Abe menambah 5 menteri wanita dalam kabinetnya menjadi 7 orang menteri wanita. Sementera menteri-menteri pada posisi kunci tetap dipertahankan dalam reshuffle kabinet yang dilakukannya.

Seperti dilaporkan BBC News, Rabu (3/8), dengan 7 orang menteri wanita itu, Abe telah menyamai langkah yang dilakukan PM Junichiro Koizumi dalam susunan kabinetnya tahun 2001. Abe mengatakan bahwa kemampuan para menteri wanita akan membantu kebangkitan ekonomi Jepang.

“Menyadari sebuah masyarakat dimana para wanita bisa  bersinar terang merupakan sebuah tantangan yang dihadapi kabinet kami. Saya berharap kepada angin perubahan yang dibawa oleh para wanita ini,” kata Abe.

Taro Aso tetap menjadi deputi perdana menteri sekaligus menteri keuangan, sedangkan Fumio Kishida tetap menjadi menlu. Sedangkan menteri pertahanan akan dijabat oleh Akinori Eto menggantikan Itsunori Onodera.

Pengumuman susunan kabinet baru ini dibacakan oleh Menteri Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga, yang juga tetap dalam posnya. Dalam kesempatan itu ia menyebutkan bahwa “putaran ekonomi positif telah dimulai”, seraya menyebutkan bahwa isu terbesar yang dihadapi kabinet adalah membangkitkan ekonomi daerah.

Reshuffle yang dilakukan Abe merupakan langkah signifikan pertama yang dilakukan sejak ia memegang jabatannya Desember 2012. Popularitas kepemimpinannya kini berada pada posisi rendah terutama akibat kebijakan pajak konsumsi yang ditetapkannya.

Abe pernah menyebut para wanita sebagai “sumber daya yang kurang dimanfaatkan” di Jepang. Tahun lalu ia mengumumkan akan meningkatkan prosentase kepemimpinan wanita di kabinetnya hingga sebanyak 30% pada tahun 2020.

Dalam kabinet terdahulu hanya ada 2 wanita di antara 18 menteri. Di antara menteri wanita baru adalah Yuko Obuchi, putri dari mantan ketua partai Keizo Obuchi, yang mengisi jabatan menteri ekonomi, perdagangan dan industri, sedangkan Midori Matsushima ditunjuk sebagai menteri kehakiman.

Saat ini di antara 480 anggota parlemen Jepang, hanya 39 di antaranya adalah wanita. Prosentase itu dianggap paling rendah di antara negara-negara maju.

Patut menjadi catatan juga, 2 anggota parlemen yang memiliki hubungan dekat dengan Cina, Sadakazu Tanigaki dan Toshihiro Nikai, diangkat sebagai pejabat tinggi partai berkuasa.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL